KONTRIBUSI WANITA DALAM PEMBERDAYAAN EKONOMI LOKAL MELALUI PREFERENSI RUANG BELANJA

Ariyani Indrayati(1),


(1) 

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami kontribusi perempuan dalam pemberdayaan ekonomi lokaldengan Shoping preferensi ruang. Ini merupakan penelitian deskriptif-eksplorative dengan menggunakan opini. Isidari penelitian ini meliputi: 1) karakteristik sosial ekonomi perempuan, 2) kontribusi perempuan dalam rumahmengendalikan pegang Shoping, 3) pola orientasi ruang Shoping, dan 4) faktor influencies di Shoping pola. Penelitianini berlangsung di penduduk pohon di Pheriphery Kota Semarang yang memiliki tiga strata sosial ekonomi menjadi diPalm Hill Papandayan Residen, Trangkil Sejahtera Recident, dan Resident Puri Sartika.Kesimpulan dari penelitianini adalah menunjukkan bahwa para wanita yang memiliki kontribusi sangat penting bagi pemberdayaan ekonomilokal karena mereka menguasai sebagian besar anggaran rumah tangga dan sebagai pembuat decition dalam polarumah terus Shoping (60%) jika dibandingkan dari aturan manusia. Wanita dikendalikan lebih dari 50% untuk 10 itemdalam baik diperlukan dalam rumah tangga. Kesimpulannya adalah bahwa wanita memiliki peran penting dalamShoping preferensi dan agar mereka bisa menjadi agen perubahan yang efektif dalam pembangunan ekonomi.Penelitian ini merekomendasikan: 1) mengembangkan penduduk kelas menengah di pheriphery kota lebih suggecteddari warga kelas tinggi. 2) neding eksplanation intensif tentang peran womwn dan kontribusi terhadap pemberdayaanekonomi lokal. 3) developent komprehensif di daerah pheriurban menjadi satu sistem dengan kota utama. 4) strukturintra ekonomi di daerah pheriurban. 5) integrasi ekonomi sosial seharusnya.

Keywords

Kontribusi wanita; ekonomi lokal

Full Text:

PDF

References

Arif Budiman. 1983. Pembagian Kerja SecaraSeksual. PT. Gramedia, Jakarta.

Baserup, Ester. 1970. Women’s Role in EconomicDevelopment. New York ST, Martin’sPress.

Beesley, Ken. and Lorne H. Russwurm. 1981. TheRural-Urban Fringe: CanadianPerspective. Waterloo. GeographicalMonographs No. 10.

Fakih, Mansour. 1996. Analisis Gender danTransformasi Sosial. Pustaka Pelajar.Semarang.

Harjono, J. 1985. Lapangan Kerja untuk WanitaPedesaan : Sebuah Studi kasus di JawaBarat. Prisma No. 10. LP3ES. Jakarta.

Hull, V. 1992. Women in Java’s Rural Middle Class :Progress or Regress?. Dalam Women ofSoutheast Asia. Center for South EastAsia Studies. Northern Illionis University.

LPM, UGM. 1986. Persepsi Wanita terhadap Kerjadan Pola Penyerapan Tenaga KerjaWanita di Jawa Tengah. LPM UGM.Semarang.

Mansyur, Cholil. 1989. Sosiologi Masyarakat Kotadan Desa. Usaha Nasional, Surabaya.

Mantra, IB. 1987. Pengantar Metodologi PenelitianUntuk Geografi. Fakultas geografi UGM.

McGee, T.G. 1990. The future of the Asian City: theEmergence of Desakota Regions.Proceeding International Seminar andWorkshop on the South East Asian Cityof the Future, Jakarta, Januari 21-25,1990.Oey-Gardiner, M. Women in Development :Indonesia. Asia Development Bank.Jakarta.

Oppong, c dan Chuch K. 1981. A Field to Researchon Roles of Women. FocusedBiographies. ILO. Geneva.

Papanek, Hana. 1980. Development Planning forWomen : The Implication of Women’sWork, in Women and Development,Dacca, The Bangladesh, Institute of Lawand International Affaires.

Partini. 1988. Kontribusi Wanita Dalam Ekonomi Rumah Tangga, Studi Kasus tentang Sektor Perdagangan. DPP UGM. FISIPOL UGM. Semarang.

Pujiwati, Sayogyo. 1987. Pembagian Kerja antaraWanita dan Pria di Bidang Pertanian.Makalah pada Seminar Nasional FungsiSosial Ekonomi Wanita Indonesia.Cibubur, Jakarta.

Siti Partini. 1997. Perencanaan Pembangunan Berwawasan Gender di Daerah Istimewa Semarang. IPADI Cabang Semarang.

Soussan, John. 1981. The Urban Fringe in the ThirdWorld. Working Paper 316, School ofGeography, University of Leeds.

Toeti Heraty Nurhadi. 1984. Studi wanita SuatuParadigma Baru Emansipasi Manusia.YIIS. Jakarta.

Tjokrowinoto, Mulyarto. 1986. Kebutuhan KontribusiWanita Dalam AkselerasiPembangunan Manusia Seutuhnya.Makalah Simposium Wanita Kerja danKeutuhan Kontribusinya. UII. Semarang.

White, Benjamin. 1986. Sub Ordinasi Tersembunyi :Pengaruh Pria dan wanita dalamKegiatan Rumah Tangga danMasyarakat di Jawa Barat. IPB.Bogor.

World Bank. 1990. Indonesia Women inDevelopment : A Strategy for ContinuedProgress. World bank Asia Region.Country Departement. Jakarta.

Yunus, Hadi Sabari. 1987. Permasalahan DaerahUrban Fringe dan AlternatifPemecahannya. Fakultas Geografi UGM.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.