PENINGKATAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI MATERI ATMOSFER DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL (MPD) BAGI SISWA KELAS X.2 SMA NEGERI I GROBOGAN PADA SEMESTER 2 TAHUN 2009-2010

Aris Supriyadi(1),


(1) SMA Negeri I Grobogan

Abstract

Peningkatan Hasil Belajar Geografi Materi Atmosfer Dengan Menggunakan Aplikasi Media PembelajaranDigital (MPD) bagi Siswa X.2 SMA Negeri Grobogan pada Semester 2 Tahun 2009/2010. Penelitian ini bertujuanuntuk meningkatkan hasil belajar Geografi Materi Atmosfer Dengan Menggunakan Aplikasi Media PembelajaranDigital (MPD) bagi Siswa X.2 SMA Negeri 1 Grobogan pada Semester 2 Tahun 2009/2010. Subjek dalam DataPenelitian ini dikumpulkan melalui observasi/penelitian, tempat dan peristiwa berlangsungnya aktivitas pembelajarandan dokumen atau arsip. Setiap siklus Tindakan terdiri dari perencanaan, implementasi tindakan penelitian ini adalahsiswa Kelas X.2 SMA Negeri 1 Grobogan semester 2 yang berjumlah 43 siswa. Setiap siklus Tindakan terdiri dariPerencanaan, Implementasi Tindakan, Observasi, Analisis dan Refleksi. Sumber data dalam penelitian ini terdiri: (1)Hasil evaluasi kemampuan menganalisis unsur-unsur geosfer sebelum tindakan (dalam bentuk nilai test); (2) Hasilevaluasi kemampuan menganalisis unsur-unsur geosfer setelah tindakan (dalam bentuk nilai test). Hasil penelitian inimenunjukkan bahwa dengan menggunakan Aplikasi Media Pembelajaran Digital (MPD) dapat meningkatkan hasilbelajar Geografi Materi Atmosfer bagi Siswa X.2 SMA Negeri 1 Grobogan pada semester 2 Tahun 2009/2010.Interprestasi hasil ini didasarkan pada hasil penelitian pada siklus I dan Siklus II yang dibandingkan dengan kondisipra siklus, yaitu terdapat perbedaan atau peningkatan hasil belajar. Perolehan nilai siswa kategori Cukup (62 – 75)mengalami penurunan sebesar 60% pada siklus I dan 70% pada siklus II. Adanya penurunan pada kategri Cukup(62-75) ini mengakibatkan adanya kenaikan pada kategori Baik (76 – 89) yaitu sebesar 60% pada siklus I dan 70%pada siklus II dan kenaikan pada kategori sangat baik (90 – 100) sebesar 4%.

Keywords

Pembelajaran Geografi; Media Pembelajaran Digital (MPD)

Full Text:

PDF

References

Akhmad Sudrajat, Model Pembelajaran, Jakarta:Depdiknas. http://akhmadsudrajat.wordpress.com/bahanajar/model-pembelajaran-01/ diaksespada tanggal 04-11-2007

Arikunto, Suharsimi, 2006, Prosedur Penelitian SuatuPendekatan Praktek, Jakarta, PT.Rineka Cipta.

Harianti, Diah. 2008, artikel Model PembelajaranTerpadu IPS. PDF.file

Hicks, David. 2007. Lessons for the Future: ageographical contribution. Jurnal.

Hidayat, Sholeh 2006, Menuju Sekolah Mandiri, http://www.radarbanten.com diakses 7September 2008

http://blog.persimpangan.com/blog/2007/08/06/pengertian-pembelajaran. diakses tanggal29 Desember 2008.

http://id.wikipedia.org/wiki/Pembelajaran. diaksestanggal 29 Desember 2008.

http://www.dikmenum.go.id

http://www.puskur.net/inc/si/sma/Geografi.pdf

Lee, Michelle. 2007. Spark up the AmericanRevolution with Math, Science, andMore An Example of an IntegrativeCurriculum Unit. Jurnal.

Majid, Abdul. 2008. Perencanaan PembelajaranMengembangkan Standar KompetensiGuru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Moleong, J. Lexy, 2006. Metodologi PenelitianKualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyana, 2003. Metodologi Penelitian Kualitatif:Paradigma Baru Ilmu Komunikasi danIlmu Sosial Lainnya. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya

Mulyasa, 2003. Manajemen Berbasis Sekolah:Konsep, Strategi, dan Implementasi.Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Neyrey. Jerome H. 2007. Encomium versusVituperation: Contrasting Portraits ofJesus in the Fourth Gospel. Jurnal:Journal of Biblical Literature

NN. 2006. Journal of Economic Geography 6. Jurnal:Advance Access published on 11 January2006.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.