PEMBELAJARAN PQ4R BERPENDEKATAN VAK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN GENERIK SAINS

Dissa Feby Octafianellis(1), Sudarmin Sudarmin(2),


(1) Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Semarang Gedung D6 Lantai 2 Kampus Sekaran Gunungpati Semarang, 50229, Telp. (024)8508035
(2) Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Semarang Gedung D6 Lantai 2 Kampus Sekaran Gunungpati Semarang, 50229, Telp. (024)8508035

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan keterampilan generik sains siswa melalui model pembelajaran PQ4R berpendekatan Visual, Auditorial, Kinestetik (VAK). Metode penelitian ini menggunakan true eksperimen dengan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Design, yaitu desain eksperimen dengan melihat perbedaan pretest dan posttest antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Data penelitian hasil belajar aspek kognitif dan keterampilan generik sains dianalisis secara statistik sedangkan hasil belajar aspek afektif dan psikomotor dianalisis secara deskriptif. Uji gain ternormalisasi dan uji t digunakan untuk melihat peningkatan hasil belajar dan keterampilan generik sains siswa. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata peningkatan hasil belajar kelas eksperimen yaitu 88,62 lebih baik daripada rata-rata peningkatan hasil belajar kelas kontrol yaitu 77,54. Rerata skor aspek afektif kelas eksperimen yaitu 88,30 lebih baik daripada rerata skor aspek afektif kelas kontrol yaitu 82,40. Sedangkan rerata skor aspek psikomotorik kelas eksperimen yaitu 85,15 lebih baik daripada rerata skor aspek psikomotorik kelas kontrol yaitu 79,68. Rerata N-gain peningkatan keterampilan generik sains kelas eksperimen 0,81 dan kelas kontrol 0,63. Berdasarkan hasil temuan dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran PQ4R berpendekatan VAK dapat meningkatkan hasil belajar dan keterampilan generik sains siswa.

Keywords

PQ4R, hasil belajar, keterampilan generik sains

Full Text:

PDF

References

Amalana, H., 2012, Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching Berbantuan Modul QT-Bilingual Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMAN 1 Kedungwuni pada Materi Pokok Hidrokarbon, Skripsi, Semarang: FMIPA Universitas Negeri Semarang.

Bibi, R. dan Arif, M.H., 2011, Effect of PQ4R study strategy in scholastic achievement of secondary school students in Punjab (Pakistan), Languange in India, Vol 11, No 1, Hal 247-267.

DePorter, B., dan Hernacki, M. 2008, Quantum Learning ‘Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan’, Bandung: Mizan Media Utama.

Dwijayanti, P., dan Yulianti, P. 2010, Pengembangan kemampuan berpikir kritis mahasiswa melalui pembelajaran problem based instruction pada mata kuliah fisika lingkungan, Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, Vol 6, No 2, Hal 108-114.

Hartanto, I. 2009, Penggunaan Strategi Belajar PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) dalam Pembelajaran Sejarah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS 1 Pokok Bahasan Pendudukan Militer Jepang di Indonesia SMA Negeri 1 Gringsing Tahun Ajaran 2008/2009, Skripsi, Semarang: FMIPA Universitas Negeri Semarang.

Inayati, I., Subroto, T. dan Supardi, K.I. 2012, Pembelajaran visualisasi, auditori, kinestetik menggunakan media swishmax materi larutan elektrolit dan nonelektrolit, Chemistry in Education, Vol 2, No 1, Hal 35-41.

Lestari, A., Yarman dan Syafriandi. 2012, Penerapan strategi pembelajaran matematika berbasis gaya belajar vak (visual, auditorial, kinestetik), Jurnal Pendidikan Matematika UNP, Vol 1, No 1, Hal 1-9.

Liliasari, 2010, Peningkatan Kualitas Pendidikan Kimia dari Pemahaman Konsep Kimia menjadi Berpikir Kimia. Diunduh di http://file.upi.edu.htm tanggal 12 Januari 2013.

Lubis, A., 2011, Penggunaan media mind mapping dalam proses pembelajaran strategi preview, question, read, reflect, recite, and review (PQ4R) terhadap daya ingat dan hasil belajar kimia peserta didik, Diunduh di http://digilib.unimed.ac.id tanggal 11 Januari 2013.

Martiani, S., 2012, Pengaruh implementasi model pembelajaran generatif dengan strategi PQ4R terhadap peningkatan kemampuan eksplorasi matematika siswa SMP, Diunduh di http://repository.upi.edu tanggal 11 Januari 2013.

Omoteso, B.A., dan Sadiku, F.A., 2013, Efectiveness of PQ4R study technique on performance of students in chemistry, African Journals Online, Vol 21, No 3, Hal 238-250.

Onukwufor, J.N., 2013, The roles of counselling psychologists toward the improvement of intellectual functioning of secondary school students, Journal of Education and Practice, Vol 4, No 16, Hal 181-186.

Puspito, Y., Latifah dan Miswadi, S.S, 2012, Metode pembelajaran preview, question, read, reflect, recite, review strategi concept mapping, Chemistry in Education, Vol 2, No 1, Hal 148-153.

Sudarmin, 2012, Keterampilan Generik Sains dan Penerapannya dalam Pembelajaran Kimia Organik, Semarang: Unnes Press.

Sunyono, 2010, Pengembangan Model Lembar Kerja Siswa berorientasi Keterampilan Generik Sains pada Materi Kesetimbangan Kimia, Prosiding Seminar Nasional Kimia dan Pendidikan Kimia, Solo Maret 2010.

Yulistiati, A., Rosyidi, A., dan Ariyanto, J. 2012, Hasil belajar biologi ditinjau dari metode pembelajaran preview, question, read, reflect, recite, review (PQ4R) dan minat belajar siswa kelas x SMA negeri 1 kebakkramat tahun pelajaran 2011/2012, Bio-Pedagogi, Vol 1, No 1, Hal 1-12.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.