INOVASI MODEL PENILAIAN PROSES PADA PEMBELAJARAN KIMIA UNTUK MENGUKUR KETERAMPILAN LABORATORIUM DAN AKTIVITAS SISWA

Henik Atul Asiah(1), Endang Susilaningsih(2), Murbangun Nuswowati(3),


(1) Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Semarang Gedung D6 Lantai 2 Kampus Sekaran Gunungpati Semarang, 50229, Telp. (024)8508035
(2) Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Semarang Gedung D6 Lantai 2 Kampus Sekaran Gunungpati Semarang, 50229, Telp. (024)8508035
(3) Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Semarang Gedung D6 Lantai 2 Kampus Sekaran Gunungpati Semarang, 50229, Telp. (024)8508035

Abstract

Upaya peningkatan kualitas pendidikan dilakukan dengan menekankan pada pengembangan kemampuan siswa dalam tiga kompetensi, yaitu sikap, keterampilan, dan pengetahuan. Kemampuan siswa dapat diukur dengan menggunakan penilaian. Hasil observasi di suatu SMA Negeri di Weleri menemukan bahwa instrumen penilaian yang digunakan hanya terfokus pada pengetahuan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen penilaian proses, serta memperoleh instrumen penilaian proses yang valid, reliabel, efektif dalam mengukur keterampilan laboratorium siswa, dan efektif dalam mengukur aktivitas siswa di kelas. Penelitian ini dilakukan dengan metode R&D (Research and Development) melalui beberapa langkah, yaitu: (1) potensi dan masalah, (2) mengumpulkan informasi, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) perbaikan desain, (6) uji coba produk skala kecil, (7) perbaikan desain, (8) uji coba skala besar, (9) analisis data dan perbaikan, dan (10) implementasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa instrumen penilaian proses mencapai kategori sangat baik, dinyatakan layak, valid, dan reliabel, serta efektif dalam mengukur keterampilan laboratorium siswa dan aktivitas siswa karena proporsi siswa yang mencapai kategori minimal tinggi lebih dari 75% nya. Simpulan yang diperoleh adalah instrumen penilaian proses yang dikembangkan berada pada kriteria sangat baik, layak, valid dan reliabel, dan efektif.

Keywords

aktivitas siswa, keterampilan laboratorium, penilaian proses

Full Text:

PDF

References

Abidin, Y., 2012, Model Penilaian Otentik dalam Pembelajaran Membaca Pemahaman Berorientasi Pendidikan Karakter, Jurnal Pendidikan Karakter, Vol 2, No 2, Hal. 164-78.

Amalia, N.F. dan Susilaningsih, E., 2014, Pengembangan Instrumen Penilaian Keterampilan Berfikir Kritis Siswa SMA pada Materi Asam Basa, Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, Vol 8, No 2, Hal. 1380-89.

Ardli, N.F., Abdullah, A.G., Mudjalipah, S. dan Ana, 2012, Perangkat Penilaian Kinerja untuk Pembelajaran Teknik Pemeliharaan Ikan, INOTEC, Vol 8, No 2, Hal. 147-66.

Atac, B.A., 2012, Foreign Language Teashers Attitude to Ware Authentic Assessment in Language Teaching, The Journal of Language and Linguistic Students, Vol 8, No 2, Hal. 7-12.

Azim, S. dan Khan, M,, 2012, Authentic Assessment: An Intructional Tool to Enhance Students Learning, Academic Research International, Vol 2, No 3, Hal. 314-20.

Moon, T., Brighton, C.M. dan Callahan, C.M., 2005, Development of Authentic Assessment for the Middle School Classroom, The Journal of Secondary Gifted Education, Vol 16, No 3, Hal. 119-33.

Muchtar, H., 2012, Perangkat Penilaian Autentik dalam Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan. Jurnal Pendidikan Penabur, Vol 9, No 14, Hal. 68-76.

Nugroho, U., Hartono dan Edi, S.S., 2009, Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berorientasi Keterampilan Proses. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, Vol 5, Hal. 108-120.

Oviani, M., 2013, Pengembangan Instrumen Penilaian Autentik pada Proses dan Hasil Pembelajaran Matematika Meteri Persamaan Garis Lurus di Kelas VIII SMP Berdasarkan Standar KTSP, Jurnal Edumatica, Vol 3, Hal. 1-10.

Puspita, N., Haryani, S. dan Widiarti, N., 2014. Pengembangan Rubrik Performance Assessment pada Praktikum Hidrolisis Garam, Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, Vol 8, No 10, Hal. 1250-1259.

Sardiman, A.M., 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sugiyono, 2010, Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan RdanD). Bandung: Alfabeta.

Susila, I.K., 2012, Pengembangan Instrumen Penilaian Unjuk Kerja (Performance Assessment) Laboratorium pada Mata Pelajaran Fisika sesuai Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan SMA Kelas X di Kabupaten Gianyar. Tesis. Denpasar.

Wandansari, T. dan Wahyuni, S., 2014. Keefektifan Penilaian Portofolio dalam Pemahaman Konsep Peserta Didik SMA. Chemistry in Education , Vol 3, No 1, Hal. 43-50.

Wulan, A.R., 2007, Penggunaan Asesmen Alternatif pada Pembelajaran Biologi. In Seminar Nasional Biologi: Perkembangan Biologi dan Pendidikan Biologi untuk Menunjang Profesionalisme Jurusan Pendidikan Biologi FPMIPA UPI. Bandung.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.