PEMAKSIMALAN KOMPETENSI KIMIA SISWA SMA DENGAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN PENERAPAN PENELITIAN SEDERHANA

Antonius Tri Widodo(1),


(1) Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri SemarangKampus Sekaran Gunungpati Semarang 50229

Abstract

Kurikulum Berbasis Kompetensi lebih menekankan pembentukan  kompetensi secara utuh bukan hanya aspek kognisi  tetapi  juga psikomotor dan afeksi. Namun demikian di lapangan guru masih cenderung mengejar target pencapaian materi ajar, sebagai akibatnya pembentukan kompetensi  tidak  terbentuk  secara maksimal. Penelitian  ini  bertujuan memaksimalkan  kompetensi  siswa  dalam  bidang Kimia  siswa  kelas X SMA  dengan pembelajaran  yang menerapkan  penelitian  sederhana. Subyek  penelitian  adalah  siswa Kelas X-10 SMA 3 Semarang yang termasuk favorit di Semarang dengan masukan siswa yang rerata nilai ujian nasionalnya termasuk amat baik. Pendekatan penelitian yang dipilih adalah  penelitian  tindakan  kelas  dengan  pertimbangan  penelitian  ini  akan memperoleh data proses dan sekaligus produk pembelajaran. Penelitian dilakukan dengan tiga siklus, dengan setiap siklus selalu berisi kegiatan perencanaan, tindakan, Observasi dan Evaluasi-Refl eksi. Hasil penelitian menunjukkan  rerata aspek kognisi sebesar 76, 04 melebihi target 75. Aspek keterampilan sebesar 75 adalah sama dengan target, sementara aspek afeksi dengan rearata 53,74 termasuk kategori baik. Dari segi kreativitas juga muncul adanya ide atau gagasan baru yaitu penggunaan kertas buram sebagai pengganti  kertas saring untuk pemisahan komponen warna daun. Dengan penelitian sederhana siswa lebih aktif belajar dan mereka menggunakan sumber belajar yang lebih bervariasi.

Kata Kunci: kompetensi, penelitian sederhana

Full Text:

PDF PostScript

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.