MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA DAN PERAN AKTIF SISWA MELALUI MODEL PBI DENGAN MEDIA CD INTERAKTIF
(1) Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Semarang Kampus Sekaran Gunungpati Semarang 50229
(2) 
Abstract
Diketahui bahwa peran aktif siswa kelas XI suatu SMA di Semarang dalam mengikutiproses pembelajaran masih rendah. Siswa kurang termotivasi untuk menjawab pertanyaanyang diberikan oleh guru dan sebagian besar siswa menganggap bahwa kimia merupakanmata pelajaran yang sulit. Permasalahan tersebut menyebabkan hasil belajar kimia kurangmaksimal yang berdampak pada tidak tercapainya ketuntasan belajar secara klasikalmaupun individu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajarkimia dan peran aktif siswa dengan model PBI menggunakan media CD interaktif padapokok bahasan termokimia. Subyek penelitian ini adalah kelas XI IPA-3 dengan jumlah 41siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumen data tentang kondisiawal siswa diambil dari nilai tes semester I. Pretes dan postes bertujuan untuk mengetahuihasil belajar kognitif. Penilaian peran aktif siswa diperoleh dari pengamatan melalui lembarobservasi, data analisis kuesioner diperoleh melalui lembar kuesioner. Berdasarkan datayang diperoleh, nilai peran aktif siswa secara klasikal mengalami peningkatan. Peningkatanperan aktif siswa juga disertai dengan peningkatan hasil belajar. Hasil belajar kognitif padasiklus I, II dan III berturut-turut adalah 63,4 ;71,0 dan 76,5. Ketuntasan belajar klasikal padasiklus I,II dan III berturut-turut adalah 73,1%, 82,9% dan 95,1%. Penelitian ini meningkatkanhasil belajar dan peran aktif siswa.
Kata Kunci: PBI, CD interaktif, hasil belajar
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.