PENINGKATAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA SMA DENGAN METODE PEMBELAJARAN MY REKAN EMPAT

Eko Budi Susatyo(1), Noor Wahyuningrum(2),


(1) 
(2) 

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran dengan
metode “My Rekan Empat†terhadap kreativitas dan hasil pembelajaran kimia siswa kelas
XI semester 2 SMA Institut Indonesia tahun pelajaran 2007/2008 pada materi larutan asam
basa. Populasi adalah semua siswa kelas XI IPA semester 2 SMA Institut Indonesia tahun
pelajaran 2007/2008 .Pengambilan sampel dilakukan dengan cluster random slamping
sehingga didapatkan kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas
eksperimen.. Metode pengambilan data dalam penelitian digunakan metode dokumentasi,
metode tes, metode observasi dan metode angket. Teknik analisa data yang digunakan
adalah teknik uji t. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa rata-rata N-gain kelas eksperimen
lebih baik daripada kelas kontrol yaitu sebesar 0,55 dan 0,44. Pembelajaran kimia dengan
metode My Rekan Empat memberikan kontribusi sebesar 8,07% terhadap kreativitas, 10,62%
terhadap kemampuan kognitif dan 15,54% terhadap kemampuan psikomotorik.

 

Kata Kunci: hasil belajar kimia, my rekan empat

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.