KOMPARASI HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MEDIA MACROMEDIA FLASH DAN MICROSOFT POWERPOINT YANG DISAMPAIKAN MELALUI PENDEKATAN CHEMO-EDUTAINTMENT
(1) 
(2) 
(3) 
Abstract
Pendekatan chemo-edutainment (CET) ditawarkan untuk membantu pemahaman
siswa terhadap materi menggunakan media pembelajaran. Rumusan masalah penelitian
adalah adakah perbedaan hasil belajar yang disampaikan melalui pendekatan CET dengan
media Macromedia Flash dan media Microsoft Powerpoint. Tujuan penelitian ini untuk
mengetahui perbedaan hasil belajar kimia pokok bahasan Struktur Atom, Sistem Periodik,
dan Ikatan Kimia yang disampaikan melalui pendekatan CET dengan media Macromedia
Flash dan media Microsoft Powerpoint. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI IPA reguler
semester I SMA N 1 Ungaran tahun pelajaran 2007/2008. Pengambilan sampel dilakukan
dengan teknik random sampling, diperoleh kelas XI IPA-3 sebagai kelas eksperimen I dan
kelas XI IPA-4 sebagai kelas eksperimen II. Analisis tahap awal dilakukan uji normalitas dan
homogenitas populasi, diperoleh data nilai ketiga kelas terdistribusi normal dan homogen.
Analisis tahap akhir meliputi uji normalitas, uji kesamaan dua varians, dan uji hipotesis
diperoleh data nilai hasil belajar kedua kelas sampel terdistribusi normal dan homogen, uji
hipotesis diperoleh thitung= 2,6492 sedangkan ttabel = 1,66. Simpulan penelitian ini adalah ada
perbedaan hasil belajar kimia siswa yang disampaikan melalui pendekatan CET dengan
media Macromedia Flash dan media Microsoft Powerpoint pada pokok bahasan Struktur
Atom, Sistem Periodik, dan Ikatan Kimia.
Â
Kata Kunci: chemo-edutainment, macromedia flash
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.