PENGARUH PEMBELAJARAN ELABORASI TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA SMA
(1) 
(2) 
(3) 
Abstract
Pembelajaran bermakna merupakan suatu proses yang mengaitkan informasi
baru pada konsep relevan yang terdapat dalam struktur kognitif seseorang. Pembelajaran
elaborasi merupakan salah satu pembelajaran bermakna yang mengaktifkan kognitif
siswa sehingga memudahkan dalam memahami konsep-konsep baru. Untuk mengetahui
pengaruh pembelajaran elaborasi dilakukan eksperimen dengan mengambil sampel dari
kelas X secara cluster random sampling, sedangkan metode pengumpulan data dilakukan
dengan tes, observasi dan angket. Berdasarkan hasil analisis data, hasil belajar kelompok
eksperimen lebih baik dari pada kelompok kontrol, yang berarti pembelajaran elaborasi
berpengaruh terhadap hasil belajar kimia pada materi hidrokarbon kelas X di SMA Negeri
11 Semarang. Besarnya pengaruh pembelajaran elaborasi 13,7465% dan tergolong rendah.
Secara keseluruhan, hasil belajar afektif dan psikomotorik kelompok eksperimen lebih
baik dari hasil belajar kelompok kontrol, sedangkan hasil angket refl eksi siswa terhadap
pembelajaran, siswa senang dengan pembelajaran elaborasi.
Â
Kata Kunci : pembelajaran elaborasi, hasil belajar
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.