PEMBELAJARAN KIMIA DENGAN PENDEKATAN SETS MELALUI METODE EKSPERIMEN APLIKATIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

Saptorini -(1), Sri Mursiti(2), Arini Ainul Hanifah(3),


(1) 
(2) 
(3) 

Abstract

Kurangnya aktivitas dan motivasi belajar yang menampak pada saat siswa menjawab
pertanyaan  guru  dan  anggapan  bahwa  kimia merupakan mata  pelajaran  yang  sulit
menyebabkan hasil belajar siswa kelas XI IPA SMA N 1 Gringsing kurang maksimal sehingga
ketuntasan  belajar  tidak  tercapai  baik  secara  klasikal maupun  individual. Penelitian  ini
bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar  siswa dengan pendekatan Science,
Environment, Technology, and Society (SETS) melalui metode eksperimen aplikatif dengan
subyek  penelitian  siswa  kelas XI  IPA  1  sejumlah  38  orang. Data  dikumpulkan melalui
metode  dokumentasi  guna  mengetahui  kondisi  awal,  tes,    observasi,  dan  angket  untuk
mengevaluasi  hasilnya. Peningkatan  hasil  belajar  kognitif  dievaluasi  dengan  tes,  aspek
afektif dan psikomotor diperoleh dari pengamatan mengacu lembar observasi dan angket
Hasil  penelitian menunjukan  adanya  peningkatan  hasil  belajar  kognitif,  afektif maupun
psikomotorik yang signifi kan dari pra siklus, siklus I sampai dengan siklus III.

 

Kata Kunci: pendekatan SETS, eksperimen aplikatif

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.