PEMBELAJARAN KIMIA DENGAN PENDEKATAN SETS MELALUI METODE EKSPERIMEN APLIKATIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA
(1) 
(2) 
(3) 
Abstract
Kurangnya aktivitas dan motivasi belajar yang menampak pada saat siswa menjawab
pertanyaan guru dan anggapan bahwa kimia merupakan mata pelajaran yang sulit
menyebabkan hasil belajar siswa kelas XI IPA SMA N 1 Gringsing kurang maksimal sehingga
ketuntasan belajar tidak tercapai baik secara klasikal maupun individual. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan pendekatan Science,
Environment, Technology, and Society (SETS) melalui metode eksperimen aplikatif dengan
subyek penelitian siswa kelas XI IPA 1 sejumlah 38 orang. Data dikumpulkan melalui
metode dokumentasi guna mengetahui kondisi awal, tes,   observasi, dan angket untuk
mengevaluasi hasilnya. Peningkatan hasil belajar kognitif dievaluasi dengan tes, aspek
afektif dan psikomotor diperoleh dari pengamatan mengacu lembar observasi dan angket
Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan hasil belajar kognitif, afektif maupun
psikomotorik yang signifi kan dari pra siklus, siklus I sampai dengan siklus III.
Â
Kata Kunci: pendekatan SETS, eksperimen aplikatif
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.