MODEL COMMUNITY LEARNING BERBASIS DISCOVERY UNTUK MENINGKATKAN SOFTSKILLS STOIKIOMETRI KIMIA PESERTA DIDIK SMA
(1) SMA Negeri 1 Pekalongan Jl. RA Kartini 39 Pekalongan
(2) SMA Negeri 1 Pekalongan Jl. RA Kartini 39 Pekalongan
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akinbobola, A.O. dan Afolabi, F.O., 2012, Constructivist practices through discovery approach: the effect on students’ cognitive achievement in nigerian senior secondary school physics, Eurasian Journal of Physics and Chemistry Journal, Vol 2, No 1, Hal 16-25.
Filsaime, D.K., 2007, Menguak Rahasia Berpikir Kritis dan Kreatif, Translated by Sunarni, Jakarta: Prestasi Pustakaraya.
Handayani, T., 2015, Relevansi Lulusan Perguruan Tinggi Di Indonesia Dengan Kebutuhan Tenaga Kerja Di Era Global, Jurnal Kependudukan Indonesia, Vol 10 No 1, Hal 53-64.
Handayani, R. dan Priatmoko, S., 2013, Pengaruh Pembelajaran Problem Solving Berorientasi Hots Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas X,Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, Vol 7, No 1, Hal 1051-1062.
Khasnis, B.Y. dan Manjunath, A., 2011, Guided discovery method a remedial measure in mathematics, International Reffered Research Journal, Vol 2, No 2, Hal 21-31.
Kemdikbud, 2013, Pembelajaran Kimia Melalui Pendekatan Saintifik, Jakarta: Direktorat Pembinaan SMA.
Mappa, 1994, Teori Belajar Orang Dewasa, Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Mayer, R.E., 2004, Should there be a threestrikerule againts pure discoverylearning? the case for guided methods of instruction, American Psychological Association, Vol 59, No 1, Hal 14-19.
Nbina, J.B., 2013, The relative effectivenessof discovery and demonstration teaching methods on achievement of chemistry students of different levels of scientific literacy, Journal of Research in Educatio an Society, Vol 4, No 1, Hal 1-8.
Permendikbud, 2016, Standar Penilaian Kurikulum 2013, Jakarta: Kemdikbud.
Rusniati, 2015, Pendidikan Nasional Dan Tantangan Globalisasi, Jurnal Ilmiah Didaktika, Vol 16, No 1, Hal 105-128.
Slavin, R.E., 2008, Cooperative Learning, Bandung: Nusa Media.
Soeprodjo, Susatyo, E.B. dan Sukron, 2008, Komparasi Hasil Belajar Dengan Metode Tutor Sebaya dan Team Work Learning Dalam Pembelajaran Kimia, Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, Vol 2, No 2, 2008, Hal 294-298.
Spencer, L.M. dan Spencer, S.M., 1993, Competence at work. Models for superior Performance, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Sulikin, 2012, Penggunaan Model Learning Community Untuk Meningkatkan Hasil Belajar UN Kelas XII SMA Negeri 1 Pekalongan Tahun Pelajaran 2011/2012, Laporan Penelitian Tindakan Sekolah. (Tidak diterbitkan)
Sutiyono, 2010, Efektivitas Remedial Dengan Model Belajar Kelompok Dengan Metode Tutor Sebaya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar, Jurnal Pendidikan Smart, Vol 3, No 1.
Surya, 1984, Penelitian Kepribadian (Prosedur dan Strategi), Bandung: Angkasa.
Suwono, 2004, Pengendalian Intern Dalam Sistem Informasi Akuntansi Berbasis Komputer, Jurnal Akuntansi Keuangan, Vol 3, No 1, Hal 38-50.
Triatna dan Komariah, 2005, Visionary Leadership Menuju Sekolah Efektif, Jakarta: Bumi Aksara.
Waluyo, 2011, Drama Teori dan Pengajarannya, Yogyakarta: PT Haninditra Graha Widya.
Wena, M., 2009, Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer, Jakarta: Bumi Aksara.
Wicaksana, W.S., 2014, Etika dan Profesionalisme Teknologi Sistem Informasi, Jakarta: Universitas Gunadarma.
Wuryandini, 2014, Pengembangan Model Project Based Learning Berorientasi Soft Skills Peserta Didik, Tesis. (Tidak diterbitkan).
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.