PENERAPAN MODEL TALKING CHIPS UNTUK MENGUKUR HASIL BELAJAR DAN KECERDASAN INTERPERSONAL
(1) Universitas Negeri Semarang
(2) Universitas Negeri Semarang
(3) Universitas Negeri Semarang
(4) SMA Negeri 2 Kudus
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Andreas, J & Gabriel, J., 2010, Learning Mathematics with Understanding: A Cristical Consideration of The Learning Principle In The Principles and Standards for School Mathematics, The Montana Mathematics Enthusiast, 4(1), 103–114.
Aziz, A. D. Yulianti & Langlang, H., 2006, Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif dengan Memanfaatkan Alat Peraga Sains Fisika Materi Tata Surya untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kerjasama Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 4(2), 88-92.
Carey, A.A.C. & Andrew, K., 2012, The Effect of Clinical Experiences on the Understanding of Classrom Management Techniques, Journal of Inquiry & Action in Education, 4(3), 44-58.
Fitri, M., Sari, W.V., Eliyati & Aisyah, N., 2016. The Effect of Applying Talking Chips Technique on The Student’s Achievment in Speaking Ability, Proceding of the Fourth International Seminar on English Langguange and Teaching, 2(3), 62-67.
Hamdani, 2011, Strategi Belajar Mengajar, Bandung: CV Pustaka Setia.
Handayani, E. S, T. Nuriah & Sarkadi, 2017, Pengaruh Model Pembelajaran dan Kecerdasan Interpersonal terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa SMA Negeri 3 Kabupaten Tangerang, Jurnal Pendidikan Sejarah, 6(1), 28-33.
Hariyanto, Y., 2015, Pengaruh Metode Pembelajaran Tipe Talking Chips terhadap Hasil Belajar Siswa pada Kompetensi Dasar Memahami Model Atom Bahan Semi Konduktor di SMKN 1 Jetis Mojokerto, Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 4(3), 999-1005.
Herawati, R. F., 2013, Pembelajaran Kimia Berbasis Multiple Representasi ditinjau dari Kemampuan Awal terhadap Prestasi Belajar Laju Reaksi Siswa SMA Negeri I Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012, Jurnal Pendidikan Kimia, 2(2), 38-43.
Huda, M., 2015, Cooperative Learning, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Lie, A., 2008, Cooperative Learning, Jakarta: PT Gramedia.
Nur, M., 2011, Model Pembelajaran Kooperatif, Surabaya: UNESA Press.
Nurzaelani, M. M., Z. Abidin A & Sigit W., 2014, Hubungan antara Kecerdasan Logi-Matematika dan Komunikasi Interpersonal dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran Matematika, Jurnal Teknologi Pendidikan, Bogor: Fakultas Pascasarjana.
Pratiwi, D. M., Saputro, S & A. Nugroho, 2015, Pengembangan LKS Praktikum Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Pokok Bahasan Larutan Penyangga Kelas XI IPA SMA, Jurnal Pendidikan Kimia, 4(2), 32-37.
Radja, L., B. Eko, S & A. Amirudin, 2017, Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Talking Chips dan Fan & Pick dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPS, Jurnal Pendidikan, 2(9), 1196-1201.
Saufi, M & Royani, M., 2016, Mengembangkan Kecerdasan Interpersonal dan Kepercayaan Diri Siswa melalui Efektivitas Model Pembelajaran PBL, Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 106-115.
Sugiyono, 2012, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta.
Taufik, M., Dewi, N.R. & Widiyatmoko, A., 2014, Pengembangan Media Pembelajaran IPA Terpadu Berkarakter Peduli Lingkungan Tema “Konservasi” Berpendekatan Science-Edutainment, Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(2), 123-129.
Tran, D. V., 2014, The Effects of Cooperative Learning on The Academic Achievement and Knowledge Retention. International of Higher Education, 3(2), 132-141.
Wahyuni, A., Sulaiman & Mahmud, H.R., 2016, Hubungan Kecerdasan Interpersonal Siswa dengan Perilaku Verbal Bullying di SD N 40 Banda Aceh, Jurnal Pesona Dasar, 3(4), 33-42.
Wardani, S., Setiawan, S. & Supardi, K.I., 2016, Pengaruh Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terdapat Pemahaman Konsep dan Oral Activities pada Materi Pokok Reaksi Reduksi dan Oksidasi, Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 10(2), 1743-1750.
Widyaningrum, R & E. Butsi P., 2018, Implementasi Model Pembelajaran Talking Chips disertai Media Fotonovela untuk Meningkatkan Sikap Peduli Lingkungan dan Kemampuan Menyampaikan Pendapat Mahasiswa, Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 8(2), 2528-5173.
Yanda, A. B., Asrul & Yurnetti., 2013, Pengaruh Penggunaan Talking Chips terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas VII SMPN IV Jurai Kabupaten Pesisir Selatan, Pillar of Physics Education, 1(4), 97-103.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.