PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (MPKTGI) TERHADAP KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI SISWA KELAS XI PADA TOPIK TITRASI ASAM-BASA
(1) Prodi Teknik Kimia Fakultas Teknik Universitas Singaperbangsa Karawang
(2) Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan Kimia, Universitas Pendidikan Indonesia
(3) Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan Kimia, Universitas Pendidikan Indonesia
(4) Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Singaperbangsa Karawang
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Budi, L., 2013. Pengaruh metode pembelajaran group investigation (GI) dan minat terhadap prestasi belajar siswa pada pokok bahasan struktur atom dan sistem periodik kelas XI SMAN 6 Surakarta tahun pelajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Kimia, Vol 1, No 2, Hal 1-6.
Dahar, R.W., 1989, Teori-teori Belajar, Jakarta: Erlangga.
Departemen Pendidikan Nasional, 2006, Kurikulum 2004 Standar Kompetensi Mata Pelajaran Sains Sekolah Menengah Pertama dan Madrasah Tsanawiyah, Jakarta: Pusat Kurikulum, Balitbang Depdiknas.
Isjoni, 2010, Pembelajaran Kooperatif: Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi Antar Peserta Didik. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Mitchell, M.G., Montgomery, H. dan Holder, M., 2008, Group Investigation as a Cooperative Learning Strategy: An Integrated Analysis of the Literature, The Alberta Journal of Aducational Research, Vol 8, No 2, Hal 157-67.
Nurhayati, E., 2010, Analisis Keterampilan Berkomunikasi Siswa Sma Kelas Xi Pada Pembelajaran Titrasi Asam Basa Melalui Metode Praktikum Dengan Material Lokal, Skripsi, Jurusan Kimia, FPMIPA, UPI: Tidak diterbitkan.
Nurroyani, I.S., Budiwati, dan Sarjilah, 2017, Implementasi model pembelajaran grup investigation disertai mind mapping untuk meningkatkan kemampuan komunikasi lisan siswa, Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Biologi Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Yogyakarta, Hal 37-47.
Rahayu, I., 2010, Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Dan Keterampilan Proses Sains, Skripsi, Jurusan Fisika, FPMIPA, UPI: Tidak diterbitkan.
Rustaman, N.Y., 2005, Strategi Belajar Mengajar Biologi, Malang: UM Press.
Septa, T., 2011, Pengaruh penerapan model pembelajaran group investigation terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa, Jurnal Pendidikan, Vol 1, No 1, Hal 1-6.
Slavin, R.E., 2009, Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktek, Bandung: Nusa Media.
Solekha, F.N., Noer, S.H., dan Gunowibowo, P., 2013, Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe group investigation terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa, Journal Pendidikan Matematika UNILA, Vol 1, No 9, Hal 373-383.
Suyanti, R.D., 2010, Strategi Pembelajaran Kimia, Yogyakarta: Graha Ilmu.
Ulum, B., dan Hidayah, R., 2015, Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) pada materi pokok ikatan kimia untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis siswa kelas X SMA Widya Darma Surabaya, UNESA Journal of Chemical Education, Vol 4, No 2, Hal 156-162
Wiratana, I. K., Sadia, I.W., dan Suma K., 2013, Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok (group investigation) terhadap keterampilan proses dan hasil belajar sains siswa smp, e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, Vol 3, Hal 1-12.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.