PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (MPKTGI) TERHADAP KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI SISWA KELAS XI PADA TOPIK TITRASI ASAM-BASA

Vera Pangni Fahriani(1), Wawan Wahyu(2), Nahadi Nahadi(3), Reza Setiawan(4),


(1) Prodi Teknik Kimia Fakultas Teknik Universitas Singaperbangsa Karawang
(2) Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan Kimia, Universitas Pendidikan Indonesia
(3) Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan Kimia, Universitas Pendidikan Indonesia
(4) Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstract

Kurangnya peran serta siswa dalam kegiatan pembelajaran menyebabkan siswa cepat jenuh sehingga dapat memperlambat tercapainya tujuan pembelajaran, salah satu tujuan pembelajaran kimia adalah kemampuan berkomunikasi. Pembelajaran yang dilakukan secara berkelompok dapat menimbulkan dampak yang negatif yaitu siswa hanya mengandalkan anggota dalam kelompoknya, sehingga tidak seluruh anggota kelompok berkontribusi dalam pembelajaran. Kondisi inilah yang menyebabkan kurangnya kemampuan berkomunikasi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi tentang efektifitas MPKTGI terhadap kemampuan berkomunikasi siswa pada topik titrasi asam-basa semester dua di salah satu SMA Swasta di daerah Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain penelitian pretest-postest control group design. Subjek penelitian terdiri dari 31 siswa kelas XI di kelas eksperimen dan 35 siswa di kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh tahapan MPKTGI terlaksana sesuai dengan tahapan model pembelajaran tersebut. Kemampuan berkomunikasi siswa di kelas eksperimen lebih besar daripada kemampuan siswa di kelas kontrol, ditunjukkan dengan hasil uji statistika (uji-t) bahwa pada taraf signifikansi 0,05 terdapat perbedaan kemampuan berkomunikasi siswa yang signifikan pada topik titrasi asam-basa melalui penerapan MPKTGI. Selain itu, peningkatan kemampuan berkomunikasi siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol dan siswa memberikan respon positif terhadap model pembelajaran ini.

Keywords

MPKTGI, kemampuan berkomunikasi siswa, titrasi asam-basa

Full Text:

PDF

References

Budi, L., 2013. Pengaruh metode pembelajaran group investigation (GI) dan minat terhadap prestasi belajar siswa pada pokok bahasan struktur atom dan sistem periodik kelas XI SMAN 6 Surakarta tahun pelajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Kimia, Vol 1, No 2, Hal 1-6.

Dahar, R.W., 1989, Teori-teori Belajar, Jakarta: Erlangga.

Departemen Pendidikan Nasional, 2006, Kurikulum 2004 Standar Kompetensi Mata Pelajaran Sains Sekolah Menengah Pertama dan Madrasah Tsanawiyah, Jakarta: Pusat Kurikulum, Balitbang Depdiknas.

Isjoni, 2010, Pembelajaran Kooperatif: Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi Antar Peserta Didik. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Mitchell, M.G., Montgomery, H. dan Holder, M., 2008, Group Investigation as a Cooperative Learning Strategy: An Integrated Analysis of the Literature, The Alberta Journal of Aducational Research, Vol 8, No 2, Hal 157-67.

Nurhayati, E., 2010, Analisis Keterampilan Berkomunikasi Siswa Sma Kelas Xi Pada Pembelajaran Titrasi Asam Basa Melalui Metode Praktikum Dengan Material Lokal, Skripsi, Jurusan Kimia, FPMIPA, UPI: Tidak diterbitkan.

Nurroyani, I.S., Budiwati, dan Sarjilah, 2017, Implementasi model pembelajaran grup investigation disertai mind mapping untuk meningkatkan kemampuan komunikasi lisan siswa, Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Biologi Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Yogyakarta, Hal 37-47.

Rahayu, I., 2010, Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Dan Keterampilan Proses Sains, Skripsi, Jurusan Fisika, FPMIPA, UPI: Tidak diterbitkan.

Rustaman, N.Y., 2005, Strategi Belajar Mengajar Biologi, Malang: UM Press.

Septa, T., 2011, Pengaruh penerapan model pembelajaran group investigation terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa, Jurnal Pendidikan, Vol 1, No 1, Hal 1-6.

Slavin, R.E., 2009, Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktek, Bandung: Nusa Media.

Solekha, F.N., Noer, S.H., dan Gunowibowo, P., 2013, Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe group investigation terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa, Journal Pendidikan Matematika UNILA, Vol 1, No 9, Hal 373-383.

Suyanti, R.D., 2010, Strategi Pembelajaran Kimia, Yogyakarta: Graha Ilmu.

Ulum, B., dan Hidayah, R., 2015, Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) pada materi pokok ikatan kimia untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis siswa kelas X SMA Widya Darma Surabaya, UNESA Journal of Chemical Education, Vol 4, No 2, Hal 156-162

Wiratana, I. K., Sadia, I.W., dan Suma K., 2013, Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok (group investigation) terhadap keterampilan proses dan hasil belajar sains siswa smp, e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, Vol 3, Hal 1-12.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.