ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK MELALUI PENERAPAN BLENDED PROJECT BASED LEARNING
(1) Universitas Negeri Semarang
(2) Universitas Negeri Semarang
(3) SMA Negeri 1 Salatiga
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amtiningsih, S., Dwiastuti, S., dan Sari, D. P., 2016, Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif melalui Penerapan Guided Inquiry dipadu Brainstorming pada Materi Pencemaran Air, Proceeding Biology Education Conference, Vol 13, No 1, Hal 868–872.
Ayu, I., Sastrika, K., Sadia, I. W., dan Muderawan, I. W., 2013, Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Pemahaman Konsep Kimia Dan Keterampilan Berpikir Kritis, E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, Vol 3, No 2, Hal 1–10.
Azahri, 2013, Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Siswa Melalui Pendekatan Konstruktivisme Di Kelas VII Sekolah Menengah Pertama (Smp) Negeri 2 Banyuasin III. Jurnal Pendidikan Matematika, Vol 7,No 2, Hal 1–12.
Desnylasari, E., Mulyani, S., dan Mulyani, B., 2016, Pengaruh Model Pembelajaran Project-based Learning Dan Problem Based Learning Pada Materi Termokimia Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI Tahun Pelajaran 2015/2016, Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), Vol 5, No 1, Hal 134–142.
Fauziah, Y. N., 2011, Analisis Kemampuan Guru Dalam Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar Kelas V Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, Jurnal Edisi Khusus, No 2, 98–106.
Filsaime, D. K., 2008, Menguak Rahasia Berpikir Kritis dan Kreatif, Jakarta: Prestasi Pustaka.
Husamah, 2014, Pembelajaran Bauran (Blended Learning), Jakarta: Prestasi Pustaka Jaya.
Munandar, U., 2009, Perkembangan Kreativitas Anak Berbakat, Jakarta: Rineka Cipta.
Noviyana, H., 2017, Pengaruh Model Project-based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa, Jurnal Edumath, Vol 3, No 2, Hal 110–117.
Nugroho, G. A., Prayitno, B. A., dan Ariyanto, J., 2017, Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Melalui Penerapan Project-based Learning Pada Materi Pencemaran dan Daur Ulang Limbah, Jurnal Pembelajaran Biologi, Vol 6, No 2, Hal 9–12.
Ratnasari, Susatyo, E. B., dan Nurhayati, S., 2017, Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek Berbantuan Lembar Kerja Siswa Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif, Chemistry in Education, Vol 6, No 2, Hal 1–7.
Setiawan, N. R., Suratno, dan Pudjiastuti., 2014, Penerapan Strategi Pembelajaran Group to Group Exchange (Gge) dengan Concept Map dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Biologi (Siswa kelas XI IPA 3 SMAN 1 Jenggawah Tahun Pelajaran, Artikel Ilmiah Mahasiswa yang tidak dipublikasi, Vol 1, No 1, Hal 1–5.
Sulistiyono, E., Mahanal, S., dan Saptasari, M., 2017, Pembelajaran Keterampilan Berpikir Kreatif Dan Hasil Belajar Kognitif Melalui Pembelajaran Biologi Berbasis Speed Reading-Mind Mapping (SR-MM), Jurnal Pendidikan, Vol 2, No 9, Hal 1226–1230.
Sumarmo, U., 2010, Berpikir dan Disposisi Matematik: Apa, Mengapa, dan Bagaimana Dikembangkan pada Peserta Didik, Bandung: Artikel pada FMIPA UPI Bandung.
Wahida, F., Rahman, N., dan Gonggo, S. T., 2011, Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Dan Hasil Belajar Siswa Kelas X Sma Negeri 1 Parigi, Jurnal Sains Dan Teknologi Tandulako, Vol 4, No 3, Hal 36–43.
Yahya, M., 2013, Pengembangan Kreativitas Siswa Dalam Proses Pembelajaran, Edu-Islamika, Vol 5, No 1, Hal 38–75.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.