PENERAPAN PEMBELAJARAN REACT TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA
(1) Univeritas Sultan Ageng Tirtayasa
(2) Univeritas Sultan Ageng Tirtayasa
(3) Univeritas Sultan Ageng Tirtayasa
Abstract
Critical thinking skills (CTS) are needed in chemistry learning, especially on solubility and the solubility product constant concept because this concept has contextual, complex characteristics and most of the concepts are obtained through practical activities. The learning that can train students CTS is REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring) learning. This study aims to determine of application REACT learning to students CTS on solubility and the solubility product constant concept. The design of this study was one group pretest posttest with purposive sampling technique. The instrument was valid and reliable 12 essay questions and observation sheets. Data analysis technique was done by analysis descriptive using N-Gain and statistical analysis using paired sample t-test. The result showed that the N-Gain value with the medium category on 6 indicator CTS. These results were supported with the result of the paired sample test are acquired the significance value <0,05 and effect size results with high criteria that indicated REACT learning has a positive effect on students CTS on solubility and the solubility product constant concept
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Angriani, A.D., Nursalam, dan Batari, T., 2018, Pengembangan Instrumen Tes untuk Mengukur Kemampuan Koneksi Matematis, Jurnal Pendidikan Dasar Islam, Vol 5, No 1, Hal 1-12.
Arifin, A.T., Kartono, dan Sutarto, H., 2014, Keefektifan Strategi Pembelajaran REACT pada Kemampuan Siswa Kelas VII Aspek Komunikasi Matematis, Kreano: Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, Vol 5, No 1, Hal 91–98.
Becker, L. A., 2000, Effect size ( ES ) - Part I, [Online], Tersedia pada: http://web.uccs.edu/lbecker/Psy590/es.html [Diakses pada 29 Agustus 2019].
BÃlgÃn, A.K., Yurukel, F.N.D., dan Yigit, N., 2017, The Effect of a Developed REACT Strategy on the Conceptual Understanding of Students: “Particulate Nature of Matter.â€, Journal of Turkish Science Education, Vol 14, No 2, Hal 65–81.
Chang, R., 2005, Kimia Dasar Konsep-Konsep Inti Jilid 1, Jakarta: Erlangga.
Crawford, M. L., 2001, Teaching Contextually, Texas: CCI Publishing, INC.
Diani, M., 2014, Pembelajaran Praktikum Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Penguasaan Konsep Siswa SMA pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan, Skripsi tidak dipublikasikan, Jurusan Kimia FMIPA UNNES.
Djadjuri, D., Saepulloh, L., dan Rizal S.U., 2015, Kurikulum dan Pembelajaran, Bekasi: Nurani.
Durotulaila, A.H., Masykuri, M., dan Mulyani, B., 2014, Pengaruh Model Pembelajaran REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transfering) Dengan Metode Eksperimen dan Penyelesaian Ditinjau dari Kemampuan Analisis Siswa, Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), Vol 3, No 4, Hal 66–74.
Ennis, R. H., 2011, The Nature of Critical Thinking : An Outline of Critical Thinking Dispositions, [Online], Tersedia pada: http://education.illionis.edu/docs/default-source/faculty-document/robert-ennis/thenatureofcriticalthinking [Diakses pada 26 Juni 2019].
Fandini, L., 2016, Pengembangan Media Pembelajran Pemeliharaan dan Perawatan Mesin Jahit Berbasis Macromedia Flash untuk Siswa Kelas X Busana Butik SMK Negeri 1 Depok, Skripsi tidak dipublikasikan, Jurusan Kimia FMIPA UNNES.
Farid, A., dan Nurhayati, S., 2014, Pengaruh Penerapan Strategi REACT terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas XI, Chemistry in Education, Vol 3, No 1, Hal 37–41.
Hakim, F., 2012, Hubungan Antara Kesiapan Mengikuti Tes Ujian dengan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Produktif Siswa SMKN 3 Wonosari, Skripsi tidak dipublikasikan, Jurusan Kimia FMIPA UNNES.
Ismawati, R., Saptorini, dan Wijaya, N., 2013, Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Berstrategi REACT Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa SMA Kelas XI, Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, Vol 7, No 1, Hal 1044–1050.
Junianto, J., 2016, Efektivitas Pendekatan Kontekstual terhadap Minat dan Prestasi Belajar Matematika Siswa SMP Negeri 6 Yogyakarta, Skripsi tidak dipublikasikan, Jurusan Kimia FMIPA UNNES..
Karima, F., dan Supardi, K. I., 2016, Penerapan Model Pembelajaran MEA dan REACT pada Materi Reaksi Redoks, Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, Vol 9, No 1, Hal 1431–1439.
Karsli, F., dan Yigit, M., 2017, Effectiveness of the REACT Strategy on 12th Grade Students’ Understanding of the Alkenes Concept, Research in Science and Technological Education, Vol 35, No 3, Hal 274-291.
Lalang, A.C., Ibnu, S., dan Sutrisno, 2017, Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemahaman Konseptual Siswa dengan Inkuiri Terbimbing dipadu Pelatihan Metakognisi pada Materi Kelarutan dan Ksp, Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian Dan Pengembangan, Vol 2, No 1, Hal 12–21.
Nisa, F.C., Lesmono, A.D., dan Bachtiar, R.W., 2018, Model Pembelajaran Kontekstual Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, and Tranferring (REACT) dengan Simulasi Virtual dalam Pembelajaran Fisika di SMA (Materi Moementum, Impuls dan Tumbukan Kelas X SMAN 2 Jember, Jurnal Pembelajaran Fisika, Vol 7, No 1, Hal 8–14.
Pusparini, S., 2017, Pengaruh Model Pembelajaran PBL terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Sistem Koloid, Skripsi.
Rahmaton, 2018, Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Melalui Strategi REACT pada Siswa Kelas VII MTsN 6 Aceh Besar, Skripsi tidak dipublikasikan, Jurusan Kimia FMIPA UNNES.
Ramdan, S., dan Hamidah, I., 2015, Peningkatan Keterampilan Proses Sains Siswa SMP Melalui Penerapan Levels Of Inquiry dalam Pembelajaran IPA Terpadu, Edusains, Vol 7, No 2, Hal 517–520.
Riduwan, 2015, Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan dan Peneliti, Bandung: Alfabeta.
Rizka, N., 2014, Pengaruh Penerapan Strategi Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas X SMAN 2 Payakumbuh, Jurnal Pendidikan Matematika, Vol 3, No 2, Hal 44–48.
Rosnow, R., dan Roshental, R., 2003, Effect sizes for experiemntal psychologists, Canadian Journal of Experimental Psychology, Vol 57, No 3, Hal 221–237.
Rusmansyah, 2017, Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Konsep Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan Menggunakan Model Creative Problem Solving, Quantum, Vol 6, No 1, Hal 108–121.
Sani, R. A., 2019, Pembelajaran Berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skills), Tangerang: Tira Smart.
Sugiyono, 2016, Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: CV Alfabeta.
Syintia, Akbar, B., Safahi, L., dan Susilo. , 2018, Pengaruh Strategi Pembelajaran REACT terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa, Vol 1, No 2, Hal 82–85.
Ulfah, T., Rusman, dan Khaldun, I., 2016, Analisa kesulitan Pemahaman Konsep Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan Pada Siswa SMA Inshafuddin Tahun Ajaran 2015 / 2016, Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kimia (JIMPK), Vol 1, No 4, Hal 43–51.
Wulandari, N.C., Dwijanto, dan Sunarmi, 2015, Pembelajaran Model REACT Pendekatan Saintifik terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Kerjasama, Jurnal Pendidikan Matematika, Vol 4, No 3, Hal 265–274.
Yotiani, Supardi, K.I., dan Nuswowati., 2017, Pengembangan Bahan Ajar Hidrolisis Garam Bermuatan Karakter Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa, Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, Vol 10, No 2, Hal 1731–1742.
Refbacks
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.