PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA TOPIK STRUKTUR ATOM : KEAKTIFAN, KREATIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA
(1) Jurusan Pendidikan Kimia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universias Sultan Ageng Tirtayasa, Jl. Raya Ciwaru no. 25 Kec. Cipocok Kota Serang, Banten - Indonesia
(2) Sekolah Menangah Atas Negeri 3 Kota Serang, Jalan Raya Taktakan KM 0,5,Taktakan, Kota Serang Banten
(3) Jurusan Pendidikan Kimia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universias Sultan Ageng Tirtayasa, Jl. Raya Ciwaru no. 25 Kec. Cipocok Kota Serang, Banten - Indonesia
Abstract
Pembelajaran bermakna dalam kimia perlu memperhatikan karakter konten kimia dan peserta didik. Problem Based Learning (PBL) memberikan lingkungan belajar yang erat kaitannya dengan kehidupan sehari-hari sehingga dapat mendukung tercapainya pembelajaran  kimia yang bermakna bagi peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keaktifan, kreativitas dan prestasi belajar kimia siswa pada implementasi problem based learning (PBL) untuk topik struktur atom. Penelitian ini merupakan penelitian best practice yang dilakukan di kelas X MIPA disalah satu SMA di kota Serang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Instrumen penelitian terdiri dari lembar observasi keaktifan siswa, lembar penilaian proyek dan 30 soal tes struktur atom. Analisis data dilakukan dengan mengkonversi skor penilaian kedalam nilai persentase kelas dan selanjutnya dikategorisasikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata 78% siswa aktif selama pembelajaran dan kreativitas siswa terukur dalam kategori tinggi dengan skor rata-rata 78. Implementasi PBL juga memberikan pengaruh pada peningkatan prestasi belajar kimia siswa yang lebih baik dibandingkan pembelajaran sebelumnya.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abanikannda, M.O. (2016). Influence Of Problem-Based Learning In Chemistry On Academic Achievement Of High School Students In Osun State, Nigeria. International Journal Of Education, Learning And Development, vol.4, no.3, Hh. 55-63.
Argaw A. S., Haile B. B., Ayalew B. T., & Kuma S. G., (2017). The Effect Of Problem Based Learning (PBL) Instruction On Students’ Motivation And Problem Solving Skills Of Physics. EURASIA Journal Of Mathematics Science And Technology Education, Vol. 13, No. 3, Hh. 857-871. DOI 10.12973/Eurasia.2017.00647a
Baran M. & Sozbilir M. (2017). An Application Of Context- And Problem-Based Learning (C-PBL) Into Teaching Thermodynamics. Res Sci Educ. DOI 10.1007/S11165-016-9583-1
Duch, B.J., Groh, S.E. And Allen, D.E., (2001), Why Problem Based Learning?: A Case Of Institutional Change In Undergraduate Education, The Power Of Problem Based Learning: A Practical “How To†For Teaching Undergraduate Courses In Any Discipline, Stylus Publishing, LLC. First Edition, 2001.
Günter T. & Alpat S. K., (2017). The Effects Of Problemâ€Based Learning (PBL) On The Academic Achievement Of Students Studying ‘Electrochemistry’. Chemistry Education Research And Practice. Issue 1, hh 78-98.
Herdiawan H., Langitasari I, & Solfarina. 2019. Penerapan Pbl Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Pada Konsep Koloid, Educhemia,vol.4, no.1, hh. 24- 34.
Hicks, R.W. And Bevsek, H.M., (2012). Utilizing Problemâ€Based Learning In Qualitative Analysis Lab Experiments, Journal Of Chemical Education, vol. 89, no. 2, hh. 254â€257.
Kelly, O.C. And Finlayson, O.E., (2007), Providing Solutions Through Problemâ€Based Learning For The Undergraduate 1(St) Year Chemistry Laboratory, Chemistry Education Research And Practice, vol. 8, no. 3, hh. 347â€361.
Majid A., & Prahani B. K.,. (2017). Analyze Of Students’ Learning Outcomes Based On Mental Models Of Atomic Structure. IOSR Journal Of Research & Method In Education (IOSR-JRME). Vol. 7, No. 1, Hh. 120-124.
Muskitta, M. & D. Djukri. (2016). Pengaruh Model PBT Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, vol. 2, no. 1, hh. 58-65.
Oezden, M., (2009), Enhancing Prospective Teachers’ Development Through Problemâ€Based Learning In Chemistry Education, Asian Journal Of Chemistry, vol. 21, no. 5, hh. 3671–3682.
Overton T.L., & Randles C. A., (2015). Beyond Problem-Based Learning: Using Dynamic PBL In Chemistry. Chem. Educ. Res. Pract. . DOI 10.1039/C4rp00248b .
Priyani Y., Martuti N. K.T., & Rudyatmi E., (2019). Penerapan Problem Based Learning Berpendekatan Saintifik Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Materi Perubahan Lingkungan. Bioma, vol. 8, no.1, hh. 337- 350.
Putri A.F.A, Utami B, Dan Nugroho A. N. C, (2015), ‘Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Disertai Eksperimen Untuk Meningkatkan Interaksi Sosial Dan Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Pokok Kelarutan Dan Hasil Kali Kelarutan Di SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar Tahun Pelajaran 2014/2015’, Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), Vol. 4., No. 4, Hh. 27-35.
Rahayu, A. H., & Anggraeni, P. (2017). Analisis Profil Keterampilan Proses Sains Siwa Sekolah Dasar Di Kabupaten Sumedang. Jurnal Pesona Dasar, Vol 5, No. 2, hh. 22-23.
Şenocak, E.,Taşkesenligil, Y. And Sözbilir, M., (2007), A Study On Teaching Gases To Prospective Primary Science Teachers Through Problemâ€Based Learning, Research In Science Education, vol. 37, hh. 279–290.
Tarhan, L., Kayalı, A. H., Ürek, Ö. R. And Acar, B., (2008), Problem†Based Learning In 9th Grade Chemistry Class: Intermolecular Forces, Research In Science Education, vol. 38, hh. 285â€300.
Tuysuz, M., Ekiz, B., Bektas, O., Uzuntiryaki, E., Tarkin, A., & Kutucu, E.S. (2011). Pre-Service Chemistry Teachers’ Understanding Of Phase Changes And Dissolution At Macroscopic, Symbolic, And Microskopic Levels. Procedia Social And Behavioral Sciences, Vol 15, Hh. 152-455.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.