PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN MEDIA DESTINASI TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA

Zakia Amni(1), Hadi Kusuma Ningrat(2), Raehanah -(3),


(1) Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram
(2) Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram
(3) Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram

Abstract

 

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (TGT) berbantuan media destinasi terhadap hasil dan motivasi belajar. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan quasi eksperimen dan dilaksanakan dari bulan Maret - April 2020. Populasi penelitian ini adalah kelas XI MIA 4, XI MIA 5, XI MIA 6 MIA MAN 2 Mataram tahun pelajaran 2019/2020. Sampel diperoleh menggunakan cluster random, penentuan kelas eksperimen dan kontrol dipakai pengacak/metode lot. Kelas XI MIA 4 dijadikan sebagai kelas eksperimen yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (TGT) berbantuan media destinasi, sedangkan kelas XI MIA 5 dijadikan sebagai kelas kontrol yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Data dikumpulkan dengan metode angket untuk motivasi dan tes untuk hasil belajar. ; Hipotesis di uji menggunakan Mann Whitney Test. Dari hasil analisis data di simpulkan: 1) Nilai sig 0,000 < 0,05 artinya ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TGT berbantuan media destinasi terhadap motivasi dan hasil belajar kimia secara multivariat; 2) Nilai sig 0,017 < 0,05 artinya ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TGT berbantuan media destinasi terhadap motivasi belajar.  3) Nilai sig 0,223 > 0,05 artinya tidak ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TGT berbantuan media destinasi terhadap hasil belajar. Tetapi jika dailihat dari nilai rata-rata hasil belajar kelas eksperimen dan kontrol, hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi dari pada hasil belajar kelas kontrol.

Keywords

Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT), Motivasi dan Hasil Belajar.

Full Text:

PDF

References

Ardiningsih, Y. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tour-nament (TGT) Menggunakan Kartu Jodoh terhadap Hasil Belajar Siswa. Skripsi. FST UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta.

Hisyam, Z. 2008. Strategi Pembelajaran Aktif, Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.

Karimah, R.F., Supurwoko, & Wahyuning-sih. 2014. Pengembangan Media Pembelajaran Ular Tangga Fisika Untuk Siswa SMP/MTS Kelas VIII. Jurnal Pendidikan Fisika, 2(1): 6-10.

Miftahul, H. 2017. Pengaruh Model Pem-belajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments (TGT) Ber-bantuan Media Permainan Kartu Uno terhadap Peningkatan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Peserta Didik SMA. Skripsi. FMIPA UN Yogyakarta.

Salima, P.A., Bakti, M., Budi, U. 2017. Penerapan Model Pembelajran Teams Games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan Kelas XI MIA 3 SMA AL ISLAM 1 Surakarta. Jurnal Pendidikan Kimia, 6(2): 109-118.

Sani, M.Z. 2015. Penerapan Model Pem-belajaran Team Game Tournament (TGT) Berbantuan Media Number Card untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Skripsi, FMIPA UNNES, Semarang.

Siti, N. 2017. Pengaruh Model Cooperativ Learning Tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri 4 Metro Barat. Skripsi. FKIP Universitas Lampung.

Slavin, R.E. 2008. Cooperative Learning Teori, Riset an Praktik, Bandung: Nusa Media

Wina, S. 2016. Strategi Pembelajaran Be-rorientasi Standar Proses Pendidik-an, Jakarta: Kencana.

Zulaikha, M.S.2015. Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tour-nament (TGT) Berbantuan Media Number Card untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA 3 SMAN 9 Semarang. Skripsi. FMIPA UNNES Semarang.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.