AKTIVITAS METAKOGNITIF MAHASISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH MELALUI GAYA KOGNITIF FIELD DEPENDENT PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA

Fuldiaratman Fuldiaratman(1), Minarni minarni(2), ssaura Sherly Pamela(3),


(1) Universitas Jambi
(2) Universitas Jambi
(3) Universitas Jambi

Abstract

Pemecahan masalah adalah proses yang digunakan untuk menyelesaikan masalah. Proses pemecahan masalah melibatkan aktivitas metakognitif bagi seseorang yang dapat menggali keterampilan berpikir metakognitif. Keterampilan metakognitif berperan penting dalam memecahkan masalah khususnya dalam mengatur dan mengontrol aktivitas kognitif peserta didik. Strategi metakognitif merujuk pada cara untuk meningkatkan kesadaran mengenai proses berpikir dan pembelajaran yang berlaku. Kesadaran tersebut dapat membantu seseorang untuk mengontrol pikirannya dengan merancang, memantau dan menilai apa yang dipelajari. Pembelajaran pemecahan masalah kimia setiap individu menunjukkan kecenderungan tertentu, pola berpikir khusus, cara menanggapi, dimana faktor-faktor tersebut menentukan gaya belajar dan gaya berpikir seseorang dalam mengingat, berpikir untuk menyelesaikan masalah yang dikenal dengan gaya kognitif. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keterampilan metakognitif mahasiswa yang memiliki gaya kognitif Field Independent dalam memecahkan masalah kesetimbangan kimia. Subyek penelitian ini yaitu mahasiswa pendidikan kimia semester I Fakultas FKIP Universitas Jambi yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian menggunakan tes GEFT, tes pemecahan masalah, dan wawancara. Teknik analisis data keterampilan metakognitif dari hasil wawancara menggunakan analisis model Miles dan Huberman. Data yang diperoleh nantinya diuji keansahannya melalui triangulasi. Hasil sementara yang diperoleh menyatakan keterampilan metakognisi mahasiswa Pendidikan Kimia rata-rata berada pada tingkatan strategic use. Tingkatan ini meyatakan mahasiswa memiliki strategi dalam pemecahan masalah, namun masih ragu dalam memperbaiki apabila terjadi kekeliruan dalam pemecahan masalahnya. Mahasiswa juga melihat kembali hasil pekerjaan, keterampilan monitoring pekerjaan terlihat baik. Perbedaan aktivitas metakognitif dengna gaya kognitif yang sama ini terjadi karena kebiasaan belajar nya. Semakin baik kebiasaan belajarnya maka semakin baik pula kemapuan pemecahan masalah dan aktivitas metakognitifnya.

Keywords

Metakognitif, Pemecahan Masalah, Kesetimbangan Kimia, Gaya Kognitif Field Dependent

Full Text:

PDF

References

Bensley, D.A. and Spero, R.A, 2014, Improving critical thinking skills and metacognitive monitoring through direct infusion, Thinking Skills and Creativity,Vol 12, Hal 55-68.

Kazemi, Farhad, and Fadaee, M.R. and Bayat, S., 2010, A subtle view to metacognitive aspect of mathematical problems solving, Procedia-Social and Behavioral Sciences, Vol 8, Hal 420-426.

Kuzle, A., 2013, Patterns of metacognitive behavior during mathematics problem-solving in a dynamic geometry environment, International Electronic Journal of Mathematics Education, Vol 8, No. 1, Hal 20-40.

Pamela, IS, Rusdi, M., & Asrial, A., 2013. The Effect of Types of Problems in Problem Based Learning on the Dynamics of Metacognition of Class X High School Students on the Concept of Stoichiometry. Edu-Sains: Journal of Mathematics and Natural Sciences Education, Vol 2, No 2.

Polya, G., 1973, How To Solve It. Princeton: Princeton University Press

Rawa, N.R., 2017, Tingkat Metakognisi Mahasiswa Program Studi PGSD Pada Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari

Gaya Belajar Introvert-Extrovert, Tunas Bangsa Journal, Vol 4, No. 2, Hal 229-245.

Rosdiana dan La Misu., 2013, Pengembangan Teori Pembelajaran Perilaku dalam Kaitannya dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa di SMA. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika FMIPA UNY.Yogyakarta.

Saad, N.S and Ghani, A.S., 2008, Teaching Mathematics in Secondary School: Theories and Practices. Perak: Universiti Sultan Idris

Schraw, Gregory, and Rayne Sperling Dennison., 1994, Assessing metacognitive awareness, Contemporary educational psychology, Vol 19, No. 4, 460-475.

Tosun, C., & Senocak, E., 2013, The effects of problem-based learning on metacognitive awareness and attitudes toward chemistry of prospective teachers with different academic backgrounds. Australian Journal of Teacher Education, Vol 38, No 3, Hal 4.

Victor, A.M., 2004, The effects of metacognitive instruction on the planning and academic achievement of first and second grade children.(Doctoral Thesis). Chicago, IL: Graduate College of the Illinois Istitute of Technology.

Zafar, Shahila, and Meenakshi, K., A study on the relationship between extroversion-introversion and risk-taking in the context of second language acquisition, International Journal of Research studies in language learning, Vol 1, No. 1, Hal 33-40.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.