PERSEPSI CALON GURU KIMIA MENGENAI LITERASI DIGITAL SEBAGAI KETERAMPILAN ABAD 21
(1) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
(2) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
(3) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Astini, N. K. (2019). Pentingnya Literasi Teknologi Informasi dan Komunikasi bagi Guru Sekolah Dasar untuk Menyiapkan Generasi Milenial. 113-120.
Aswandi, R., dkk. (2020). Perlindungan Data dan Informasi Pribadi melalui Indonesian Data Protection System (IDPS). LEGISLATIF, 3(2), 167-190.
Basuki, S. (2019). Etika Informasi. Media Pustakawan, 26(1), 4-11.
Çam, E., & Kiyici, M. (2017). Perceptions of Prospective Teachers on Digital Literacy. Malaysian Online Journal of Educational Technology, 5(4), 29-44.
Catts, R., & Lau, J. (2008). Towards Information Literacy Indicators. Paris: UNESCO.
Cherner, T. S., & Curry, K. (2019). Preparing Pre-Service Teachers to Teach Media Literacy: A Response to “Fake Newsâ€. Journal of Media Literacy Education, 11(1), 1 – 31.
Fatmawati, N. I. (2019). Literasi Digital, Mendidik Anak di Era Digital bagi Orang Tua Milenial. Jurnal Politik dan Sosial Kemasyarakatan, 11(2), 119-138.
Fitryarini, I. (2016). Literasi Media pada Mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Mulawarman. Jurnal Komunikasi, 8(1), 51-67.
Gumilar, G., dkk. (2017). Literasi Media: Cerdas Menggunakan Media Sosial dalam Menanggulangi Berita Palsu (Hoax) oleh Siswa SMA. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 35-40.
Hartini, S., dkk. (2019). Media Pembelajaran Fisika SMA Berbasis E-Learning di Kabupaten Tanah Laut sebagai Upaya Melatihkan Literasi Digital. Pro Sejahtera, 1, 20-24.
Helleve, I., Almas, A. G., & Bjorkelo, B. (2019). Becoming a Professional Digital Competent Teacher. hal. 1-13. Information Systems Education, 22(2), 95-109.
Kazu, I., & Erten, P. Prospective Teachers’ Perception Levels of Their Digital Literacy. International Journal of Multidisciplinary Thought, 3(1), 51-68.
Khan, M. L., & Idris, I. (2019). Recognise Misinformation and Verify Before Sharing: A Reasoned Action and Information Literacy Perspective. Behaviour & Information Technology, 1-19.
Krisnawati, E. (2016). Perilaku Konsumsi Media oleh Kalangan Remaja dalam Pencarian Informasi. Jurnal Ilmiah Komunikasi, 5(1), 43-69.
Kurniangsih, I., dkk. (2017). Upaya Peningkatan Kemampuan Literasi Digital bagi Tenaga Perpustakaan Sekolah dan Guru di Wilayah Jakarta Pusat Melalui Pelatihan Literasi Informasi. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 3(1), 61-76.
Listyana, R., & Hartono, Y. (2015). Persepsi dan Sikap Masyarakat terhadap Penanggalan Jawa dalam Penentuan Waktu Pernikahan (Sudi Kasus Desa Jonggrang Kecamatan Barat Kabupaten Magetan Tahun 2013). Jurnal Agastya, 5(1), 118-138.
Nelson, K., dkk. Teaching Tip An Investigation of Digital Literacy Needs of Students. Journal of
Ningrum, N. R., Toenlioe, Anselmus J.E. , & Abidin, Z. (2019). Analisis Pemanfaatan Search Engine dalam Meningkatkan Self-Regulated Learning Mahasiswa Teknologi Pendidikan. JKTP Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 02 (02), 149-157.
Pernia, E. E. (2008). Strategy Framework for Promoting ICT Literacy in the Asia-Pasific Region. Bangkok: UNESCO.
Ready, A. (2016). Penggunaan Media Online sebagai Sumber Informasi Akademik Mahasiswa Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Riau . JOM FISIP, 3(1).
Rizal, R., dkk. (2019). Digital Literacy of Pre-service Science Teacher. Journal of Physic.
Sari, S. M. (2019). Persepsi Guru Kimia mengenai Keterampilan Abad 21. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. Jakarta: Tidak Diterbitkan.
Sari, Z. A. (2019). Literasi Privasi pada Media Sosial Instagram di Kalangan Mahasiswa Strata 1 Universitas Airlangga Surabaya. 1-14.
Sautunnida, L. (2018). Urgensi Undang-Undang Perlindungan Data Pribadi di Indonesia; Studi Perbandingan Hukum Inggris dan Malaysia. Kanun Jurnal Ilmu Hukum, 20(2), 369-384.
Setyaningsih, R., dkk. (2019). Model Penguatan Literasi Digital melalui Pemanfaatan e-Learning. Jurnal ASPIKOM, 3(6), 1200-1214.
Silvana, H., dkk. (2019). Kebutuhan Informasi Guru di Era Digital: Studi Kasus di Sekolah Dasar Labschool Universitas Pendidikan Indonesia. Jurnal Dokumentasi dan Informasi, 40(2), 147-158.
Suharmanto, A., & Sunarso. (2017). Pemanfaatan Internet sebagai Media dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di SMA Negeri 1 Sleman. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum, 24-41.
Suryanti, & Wijayanti, L. (2018). Literasi Digital: Kompetensi Mendesak Pendidik di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 1-9.
Suyanto, T., dkk. (2018). Persepsi Mahasiswa terhadap Kemunculan Berita Bohong di Media Sosial. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 15(1), 52-61.
Tondeur, J. (2015). Developing a Validated Instrument to Measure Preservice Teachers’ ICT Competencies: Meeting the Demands of the 21st Century. British Journal of Educational Technology, 1-11.
Walidaini, B. Pemanfaatan Internet untuk Belajar pada Mahasiswa . 37-49.
Wijaya, E. Y. (2016). Transformasi Pendidikan Abad 21 sebagai Tuntutan Pengembangan Sumber Daya Manusia di Era Global. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (hal. 263-278). Malang: Universitas Kanjuruhan Malang.
Yaumi, M. (2017). Ragam Media Pembelajaran: Dari Pemanfaatan Media Sederhana ke Penggunaan Multi Media. Pemanfaatan Media Pembelajaran dan Pengembangan Evaluasi Sistem Pembelajaran Berorientasi Multiple Intelligences, (hal. 21-44). Pare-Pare.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.