PERSEPSI CALON GURU KIMIA MENGENAI LITERASI DIGITAL SEBAGAI KETERAMPILAN ABAD 21

Puspa Mawarni(1), Burhanudin Milama(2), Rizqy Nur Sholihat(3),


(1) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
(2) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
(3) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Abstract

Calon guru sebagai kunci utama keberhasilan penggunaan teknologi di sekolah ke depannya harus mampu membangun literasi digital. Berbagai penelitian telah dilakukan sebagai upaya untuk mengasah kemampuan literasi digital ini, salah satunya dengan mengetahui sejauh mana pemahaman masyarakat mengenai literasi digital melalui persepsi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi calon guru kimia mengenai literasi digital sebagai keterampilan abad 21. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif, dengan instrumen berbentuk angket. Responden merupakan mahasiswa pendidikan kimia Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta angkatan 2016, 2017, dan 2018. Data penelitian diperoleh dari jawaban 187 orang responden terhadap angket yang diberikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada komponen literasi media dan informasi calon guru kimia memiliki persepsi yang sangat baik dengan persentase rata-rata sebesar 81,06%, begitupun pada komponen literasi TIK, calon guru kimia memiliki kriteria persepsi yang sangat baik dengan nilai persentase sebesar sebesar 84,47%. Dengan demikian, dapat diketahui bahwa secara keseluruhan persepsi calon guru kimia mengenai literasi digital memiliki kriteria persepsi yang sangat baik dengan hasil persentase rata-rata dari keseluruhan indikatornya sebesar 82,19%. 

Keywords

Calon guru kimia, Literasi Digital, Keterampilan abad 21, Persepsi.

Full Text:

PDF

References

Astini, N. K. (2019). Pentingnya Literasi Teknologi Informasi dan Komunikasi bagi Guru Sekolah Dasar untuk Menyiapkan Generasi Milenial. 113-120.

Aswandi, R., dkk. (2020). Perlindungan Data dan Informasi Pribadi melalui Indonesian Data Protection System (IDPS). LEGISLATIF, 3(2), 167-190.

Basuki, S. (2019). Etika Informasi. Media Pustakawan, 26(1), 4-11.

Çam, E., & Kiyici, M. (2017). Perceptions of Prospective Teachers on Digital Literacy. Malaysian Online Journal of Educational Technology, 5(4), 29-44.

Catts, R., & Lau, J. (2008). Towards Information Literacy Indicators. Paris: UNESCO.

Cherner, T. S., & Curry, K. (2019). Preparing Pre-Service Teachers to Teach Media Literacy: A Response to “Fake Newsâ€. Journal of Media Literacy Education, 11(1), 1 – 31.

Fatmawati, N. I. (2019). Literasi Digital, Mendidik Anak di Era Digital bagi Orang Tua Milenial. Jurnal Politik dan Sosial Kemasyarakatan, 11(2), 119-138.

Fitryarini, I. (2016). Literasi Media pada Mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Mulawarman. Jurnal Komunikasi, 8(1), 51-67.

Gumilar, G., dkk. (2017). Literasi Media: Cerdas Menggunakan Media Sosial dalam Menanggulangi Berita Palsu (Hoax) oleh Siswa SMA. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 35-40.

Hartini, S., dkk. (2019). Media Pembelajaran Fisika SMA Berbasis E-Learning di Kabupaten Tanah Laut sebagai Upaya Melatihkan Literasi Digital. Pro Sejahtera, 1, 20-24.

Helleve, I., Almas, A. G., & Bjorkelo, B. (2019). Becoming a Professional Digital Competent Teacher. hal. 1-13. Information Systems Education, 22(2), 95-109.

Kazu, I., & Erten, P. Prospective Teachers’ Perception Levels of Their Digital Literacy. International Journal of Multidisciplinary Thought, 3(1), 51-68.

Khan, M. L., & Idris, I. (2019). Recognise Misinformation and Verify Before Sharing: A Reasoned Action and Information Literacy Perspective. Behaviour & Information Technology, 1-19.

Krisnawati, E. (2016). Perilaku Konsumsi Media oleh Kalangan Remaja dalam Pencarian Informasi. Jurnal Ilmiah Komunikasi, 5(1), 43-69.

Kurniangsih, I., dkk. (2017). Upaya Peningkatan Kemampuan Literasi Digital bagi Tenaga Perpustakaan Sekolah dan Guru di Wilayah Jakarta Pusat Melalui Pelatihan Literasi Informasi. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 3(1), 61-76.

Listyana, R., & Hartono, Y. (2015). Persepsi dan Sikap Masyarakat terhadap Penanggalan Jawa dalam Penentuan Waktu Pernikahan (Sudi Kasus Desa Jonggrang Kecamatan Barat Kabupaten Magetan Tahun 2013). Jurnal Agastya, 5(1), 118-138.

Nelson, K., dkk. Teaching Tip An Investigation of Digital Literacy Needs of Students. Journal of

Ningrum, N. R., Toenlioe, Anselmus J.E. , & Abidin, Z. (2019). Analisis Pemanfaatan Search Engine dalam Meningkatkan Self-Regulated Learning Mahasiswa Teknologi Pendidikan. JKTP Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 02 (02), 149-157.

Pernia, E. E. (2008). Strategy Framework for Promoting ICT Literacy in the Asia-Pasific Region. Bangkok: UNESCO.

Ready, A. (2016). Penggunaan Media Online sebagai Sumber Informasi Akademik Mahasiswa Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Riau . JOM FISIP, 3(1).

Rizal, R., dkk. (2019). Digital Literacy of Pre-service Science Teacher. Journal of Physic.

Sari, S. M. (2019). Persepsi Guru Kimia mengenai Keterampilan Abad 21. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. Jakarta: Tidak Diterbitkan.

Sari, Z. A. (2019). Literasi Privasi pada Media Sosial Instagram di Kalangan Mahasiswa Strata 1 Universitas Airlangga Surabaya. 1-14.

Sautunnida, L. (2018). Urgensi Undang-Undang Perlindungan Data Pribadi di Indonesia; Studi Perbandingan Hukum Inggris dan Malaysia. Kanun Jurnal Ilmu Hukum, 20(2), 369-384.

Setyaningsih, R., dkk. (2019). Model Penguatan Literasi Digital melalui Pemanfaatan e-Learning. Jurnal ASPIKOM, 3(6), 1200-1214.

Silvana, H., dkk. (2019). Kebutuhan Informasi Guru di Era Digital: Studi Kasus di Sekolah Dasar Labschool Universitas Pendidikan Indonesia. Jurnal Dokumentasi dan Informasi, 40(2), 147-158.

Suharmanto, A., & Sunarso. (2017). Pemanfaatan Internet sebagai Media dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di SMA Negeri 1 Sleman. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum, 24-41.

Suryanti, & Wijayanti, L. (2018). Literasi Digital: Kompetensi Mendesak Pendidik di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 1-9.

Suyanto, T., dkk. (2018). Persepsi Mahasiswa terhadap Kemunculan Berita Bohong di Media Sosial. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 15(1), 52-61.

Tondeur, J. (2015). Developing a Validated Instrument to Measure Preservice Teachers’ ICT Competencies: Meeting the Demands of the 21st Century. British Journal of Educational Technology, 1-11.

Walidaini, B. Pemanfaatan Internet untuk Belajar pada Mahasiswa . 37-49.

Wijaya, E. Y. (2016). Transformasi Pendidikan Abad 21 sebagai Tuntutan Pengembangan Sumber Daya Manusia di Era Global. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (hal. 263-278). Malang: Universitas Kanjuruhan Malang.

Yaumi, M. (2017). Ragam Media Pembelajaran: Dari Pemanfaatan Media Sederhana ke Penggunaan Multi Media. Pemanfaatan Media Pembelajaran dan Pengembangan Evaluasi Sistem Pembelajaran Berorientasi Multiple Intelligences, (hal. 21-44). Pare-Pare.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.