ANALISIS MISKONSEPSI MENGGUNAKAN TES DIAGNOSA THREE-TIER MULTIPLE CHOICE PADA MATERI STOIKIOMETRI
(1) Universitas Negeri Semarang
(2) Universitas Negeri Semarang
(3) Universitas Negeri Semarang
(4) Universitas Negeri Semarang
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Aini, R.G., Ibnu, S. and Budiasih, E. 2017. Identifikasi Miskonsepsi dalam Materi Stoikiometri pada Siswa Kelas X di SMAN 1 Malang Melalui Soal Diagnostik Three-Tier. J-PEK (Jurnal Pembelajaran Kimia), 1(2): 50–56.
Capraro, R., Caprapo, M., dan Morgan, J.R. 2013. STEM Project-Based Learning, Rotterdam: Sense Publisher.
Delhita, A., & Suyono. 2012. Penggunaan Think-Aloud Protocols untuk Meng-atasi Miskonsepsi Siswa pada Materi Pokok Stoikiometri di SMA Khadijah Surabaya. Prosiding Seminar Nasional Kimia Unesa 2012: 89-96.
Devi, A., Mulyani, S. and Haryono, H. 2014. Perbedaan Implementasi Pembela-jaran Kimia Model Problem-Based Learning (PBL) Materi Stoikiometri Kelas X Mia SMA Negeri di Kota Surakarta Tahun Ajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Kimia.
Effendy, E. 2009. Upaya untuk Mengatasi Kesalahan Konsep dalam Pengajaran Kimia dengan Menggunakan Strategi Konflik Kognitif. Media Komunikasi Kimia 6(2).
Gurel, D.K., Eryilmaz, A., & Mc Dermott, L.C. 2015. A Review and Comparison of Diagnostic Instruments to Identify Students’ Misconceptions in Science. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education, 11(5): 989-1008.
Gurel, D.K., Eryilmaz, A., & McDermott, L.C. 2017. Development and Application of a Four-Tier Test to Assess Pre-Service Physics Teachers’ Miscon-ceptions about Geometrical Optics. Research in Science & Technological Education.
Huddle, P.A. And Pillay, A.E. 1996. An In-Depth Study of Misconceptions in Stoichiometry and Chemical Equili-brium at a South African University. Journal of Research in Science Teaching, 33(1): 65–77.
Krisnawati, I., Prayitno., & F. Fajaroh. 2013. Menggali Pemahaman Konsep Siswa Madrasah Aliyah Tentang Stoikio-metri dengan Menggunakan Instru-men Diagnostik Two tier.
Kurniawan, Y., dan Suhandi, A. 2015. The Three Tier-Test for Identification the Quantity of Students’ Misconception on Newton’s First Laws. Full Paper Proceeding GTAR (Global Trends in Academic Research), 2: 313-319.
Mentari, L. 2014. Analisis Miskonsepsi Siswa pada Pembelajaran Kimia untuk Materi Larutan Penyangga. E-Journal Kimia Visvitalis Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1).
Ristiyani, E., and Bahriah, E.S. 2016. Analisis Kesulitan Belajar Kimia Siswa di SMAN X Kota Tangerang Selatan. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA, 2(1): 18.
Rositasari, D., Saridewi, N. and Agung, S. 2014. Pengembangan Tes Diagnostik Two-Tier untuk Mendeteksi Miskon-sepsi Siswa SMA pada Topik Asam-Basa. Edusains, 6(2): 169–176.
Shui-Te, L., Kusuma, I.W., Wardani, S. and Harjito. 2018. Hasil Identifikasi Miskonsepsi Siswa Ditinjau dari Aspek Makroskopis, Mikroskopis, dan Simbolik (MMS) pada Pokok Bahasan Partikulat Sifat Materi di Taiwan. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 12(1).
Stojanovska, M., M. Petruševski, V. and Šoptrajanov, B. 2017. Study of the use of the three levels of thinking and representation. Contributions, Section of Natural, Mathematical and Bio-technical Sciences 35(1).
Zidny, R., W. Sopandi, & A. Kusrijadi. 2013. Analisis Pemahaman Konsep Siswa SMA kelas X pada Materi Persamaan Kimia dan Stoikiometri Melalui Penggunaan Diagram Submikros-kopik serta Hubungannya dengan Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal Riset dan Praktik Pendidikan Kimia, 1(1): 27-36.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.