Analisis Kesulitan Belajar pada Mahasiswa Tadris Kimia Materi Biokimia di UIN SATU Tulungagung
(1) Universitas Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung
Abstract
Biokimia adalah ilmu yang mengkaji mengenai substansi dan komposisi pada makhluk hidup. Mata kuliah Biokimia termasuk mata kuliah yang sulit untuk dipelajari oleh mahasiswa. Kesulitan belajar pada materi biokimia menyebabkan hasil belajar mahasiswa Tadris Kimia cenderung rendah. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis kesulitan belajar mahasiswa tadris kimia di UIN SATU Tulungagung pada mata kuliah Biokimia. Metode penelitian menggunakan deskriptif analisis. Teknik analisis data dilakukan dengan tinjauan literatur. Metode pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan observasi, penyebaran angket, dokumentasi, wawancara dosen, serta wawancara mahasiswa. Instrumen penelitian ini terdiri dari lembar wawancara dosen dan mahasiswa, lembar observasi, dan juga lembar angket. Subjek penelitian adalah mahasiswa Tadris Kimia UIN SATU Tulungagung yang telah menempuh mata kuliah Biokimia sebanyak 70 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Hasil penelitian dan membahasan menunjukkan bahwa kesulitan belajar pada mahasiswa dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya kapasitas dosen dalam mengajar, kemampuan mahasiswa dalam menyerap materi pembelajaran, kualitas lingkungan pembelajaran, dan media pembelajaran. Upaya yang dapat dilakukan dalam rangka mengatasi kesulitan belajar pada mahasiswa tadris kimia materi Biokimia adalah dengan melalui pengembangan bahan ajar yang lebih menarik, penggunakan model pembelajaran interaktif, pembuatan video pembelajaran, modul, buku petunjuk praktikum, diskusi interaktif antara dosen dengan mahasiswa, dan kegiatan laboratorium.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arsyad, A. (2013). Media Pembelajaran. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta.
Azizmalayeri, K., Mirshahjafari, E., Sharif, M., Asgari, M., & Omidi, M. (2012). The Impact of Guided Inquiry Methods of Teaching on the Critical Thinking of High School Students. Journal of Education and Practice, 3(10), 42–48.
Dewi, R. K., & Wardani, S. (2020). Guided Inquiry Assisted by Edmodo Application to Improve Student Critical Thinking Skills in Redox Material. Journal of Physics: Conference Series, 1567(4). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1567/4/042097
Dewi, Ratna Kumala, Haryani, S., & Wardani, S. (2018). The Influence of Guided Inquiry Learning Assisted Flash Application on Electrolyte Solution Materials Against The Results of Students. Unnes Science Education Journal, 7(2), 221–228.
Dewi, Ratna Kumala, & Wardani, S. (2018). Analysis of Student Difficulties and Learning Outcomes with Guided Inquiry Learning Model, 247(Iset), 379–384.
Dewi, Ratna Kumala, Wardani, S., Wijayati, N., & Sumarni, W. (2019). Demand of ICT-Based Chemistry Learning Media in the Disruptive Era. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), 8(2), 265–270. https://doi.org/10.11591/ijere.v8i2.17107
Faika, S., & Side, S. (2011). Analisis Kesulitan Mahasiswa dalam Perkuliahan dan Praktikum Kimia Dasar di Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Makassar. Jurnal Chemica, 12(2), 18–26.
Hidayat, Iceng & Lesmini, B. (2015). Peningkatan Keterampilan Pemecahan Masalah Mahasiswa dengan Strategi Belajar Aktif pada Mata Kuliah Biokimia. Prosiding SEMIRATA, 490–497.
Jack, G. U. (2013). Concept Mapping and Guided Inquiry as Effective Techniques for Teaching Difficult Concepts in Chemistry : Effect on Students ’ Academic Achievement. Journal of Education and Practice, 4(5), 9–16.
Kuchel PW, R. G. (2006). Biokimia. Jakarta: Erlangga.
Kurniawati, Z. L., & Jailani. (2020). Kesulitan Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Biokimia. Bioedusiana, 5(2), 59–69.
Littlejohn, A., Falconer, I., & Mcgill, L. (2008). Characterising effective eLearning resources. Computers and Education. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2006.08.004
Murray RK, Granner DK, R. V. (2009). Biokimia harper. 27th ed. Jakarta: EGC.
Poedjiadi, S. (2007). Dasar-Dasar Biokimia. Bandung: UI Press.
Rahmatan, H, Liliasari, & Redjeki, S. (2012). Pengembangan Model Pembelajaran Biokimia Berbasis Komputer untuk Membekali Keterampilan Berpikir Kreatif Mahasiswa Calon Guru Biologi. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(2), 178–182.
Rahmatan, Hafnati. (2013). Tanggapan Mahasiswa dan Dosen Terhadap Model Perkuliahan Biokimia Berbasis Multimedia Interaktif. Jurnal EduBio Tropika, 1(2), 66–71.
Seruni, R., Munawaroh, S., Kurniadewi, F., Nurjayadi, M., Kimia, M. P., Matematika, F., … Gadung, P. (2019). Pengembangan Modul Elektronik (E-Modul) Biokimia pada Materi Metabolisme Lipid menggunakan Flip PDF Professional. Jurnal Tadris Kimiya, 4(1), 48–56.
Sitepu, B. P., & Lestari, I. (2017). Pelaksanaan Rencana Pembelajaran Semester dalam Proses Pembelajaran di Perguruan Tinggi. Perpektif Ilmu Pendidikan, 32(1), 43–51.
Uliyandari, M., Sumpono, S., & Susanta, A. (2019). Implementasi modul analisis konsentrasi protein terhadap hasil belajar dan respon mahasiswa pada pembelajaran biokimia II. PENDIPA Journal of Science Education, 3(3), 120–124. https://doi.org/10.33369/pendipa.3.3.120-124
Wahyuni, T. S. (2019). Pengembangan Buku Ajar Matakuliah Biokimia Berintegrasi dengan Nilai-Nilai Sains dalam Alquran. Jurnal Zarah, 7(1), 1–6. https://doi.org/10.31629/zarah.v7i1.1259
Widyaningrum, D. A., & Wijayanti, T. (2019). Implementasi Buku Petunjuk Praktikum Biokimia Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Kerja lmiah. Edubiotik : Jurnal Pendidikan, Biologi Dan Terapan, 4(2), 58–67. https://doi.org/10.33503/ebio.v4i02.437
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.