Penyusunan Bahan Ajar SMK Terintegrasi Konteks Kejuruan pada Pembelajaran Kimia
(1) Universitas Negeri Semarang
(2) Universitas Negeri Semarang
(3) Pascasarjana Universitas Negeri Semarang
(4) Jurusan Kimia Universitas Negeri Semarang
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ananda, R., & Abdillah. (2018). Pembelajaran Terpadu Karakteristik, Landasan, Fungsi, Prinsip dan Model. In Journal of Visual Languages & Computing (Vol. 11, Issue 3). https://doi.org/10.15713/ins.mmj.3
Ariyani, N., Susilaningsih, E., & Mahatmanti, F. W. (2019). The Development of The Chemical Teaching Material Integrated to Nautical Material to Improve Understanding The Hydrocarbon and Petroleum Concept in The Shipping Vocational High School. Journal of Innovative Science Education, 8(1), 516–524.
Cañas, A. J., Reiska, P., & Möllits, A. (2017). Developing higher-order thinking skills with concept mapping: A case of pedagogic frailty. Knowledge Management and E-Learning, 9(3), 348–365. https://doi.org/10.34105/j.kmel.2017.09.021
Diharjo, R. F., & Utomo, D. H. (2017). Pentingnya Kemampuan Berfikir Kritis Siswa dalam Paradigma Pembelajaran Kontruktivistik. Prosiding TEP & PDs Transformasi Pendidikan Abad 21, 445–449. http://pasca.um.ac.id/conferences/index.php/sntepnpdas/article/view/899/571
Ennis, R.H. & Weir, E. (1985). The Ennis-Weir Critical Thinking Essay Test. Test manual, criteria, scoring sheet an instrument for teaching and testing. USA: Midwest Publications.
Hayudiyani, M., Arif, M., & Risnasari, M. (2017). Identifikasi Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X TKJ Ditinjau dari Kemampuan Awal dan Jenis Kelamin Siswa Di SMKN 1 Kamal. Jurnal Ilmiah Edutic, 4(1), 20-27.
Kharisma, E. N. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMK pada Materi Barisan dan Deret. Jurnal Review Pembelajaran Matematika, 3(1), 62-75.
Laili, I. (2019). Efektivitas Pengembangan E-Modul Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(3), 306-315.
Nalarita, Yulia., dan Listiawan, Tomi. (2018). Pengembangan E-modul Kontekstual Interaktif Berbasis Web pada Mata Pelajaran Kimia Senyawa Hidrokarbon. Multitek Indonesia : Jurnal Ilmiah. 6223(1), 1–7. http://journal.umpo.ac.id/index.php/multitek.
Nugraha, A. J., Suyitno, H., & Susilaningsih, E. (2017). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Ditinjau dari Keterampilan Proses Sains dan Motivasi Belajar melalui Model PBL. Journal of Primary Education, 6(1), 35–43.
Purwana, B. H. (2010). Penerapan Desain Kurikulum Sistemik untuk Mengembangkan Kurikulum Program Produktif Sekolah Menengah Kejuruan. MANAJERIAL, 8(16), 46-53.
Rachman, F. A., Ahsanunnisa, R., & Nawawi, E. (2017). Pengembangan LKPD Berbasis Berpikir Kritis Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan pada Mata Pelajaran Kimia di SMA. Alkimia: Jurnal Ilmu Kimia dan Terapan, 1(1), 16-25.
Suarsana, I. M. & Mahayukti, G. A. (2013). Pengembangan E-Modul Berorientasi Pemecahan Masalah untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(2), 264-275.
Sudarmin., Zahro, L., Pujiastuti, R. S. E., Asyhar, R., Zaenuri., & Rosita, A. (2019). The Development Of Pbl-Based Worksheets Integrated With Green Chemistry And Ethnoscience To Improve Students’ Thinking Skills. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia 8(4), 492–499. https://doi.org/10.15294/jpii.v8i4.17546
Sulistyowarni, P. A. D., Prahani, B. K., Supardi, Z. A. I., & Jatmiko, B. (2019). The effectiveness of OR-IPA teaching model to improve students’ critical thinking skills on senior high school physics subject. Journal of Physics: Conference Series, 1157(3). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1157/3/032011
Wijayanti, T. F., Prayitno, B. A., & Sunarto. (2016). Pengembangan Modul Berbasis Berpikir Kritis Disertai Argument Mapping pada Materi Sistem Pernapasan untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI SMA Negeri 5 Surakarta. Jurnal Inkuiri, 5(1), 105-111.
Yotiani, Supardi, K. I., & Nuswowati, M. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Hidrolisis Garam Bermuatan Karakter Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 10(2), 1731-1742.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.