Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Medley Melayu pada Materi Minyak Bumi

Yayang Devtiarani(1), Fitriah Khoirunnisa(2), Ardi Widhia Sabekti(3),


(1) Universitas Maritim Raja Ali Haji
(2) Universitas Maritim Raja Ali Haji
(3) Universitas Maritim Raja Ali Haji

Abstract

Pelaksanaan kebijakan pendidikan dalam masa darurat COVID-19 dilakukan secara online memerlukan perangkat pendukung teknologi, media pembelajaran interaktif medley melayu dapat digunakan dalam pembelajaran salah satu wujud pengintegrasian budaya dalam bidang pendidikan. Media pembelajaran interaktif dikembangkan sebagai alat bantu dalam proses pembelajaran. Pada penelitian ini dikembangkan media pembelajaran interaktif medley melayu pada materi minyak bumi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development dengan model penelitian Hannafin dan Peck yang terdiri dari tahap penilaian kebutuhan, tahap desain serta tahap pengembangan dan implementasi. Sumber data dari penelitian ini berasal dari dua orang dosen, seorang guru dan 50 peserta didik SMA Negeri 2 Tanjungpinang. Hasil validasi media dan materi pada media pembelajaran interaktif medley melayu pada materi minyak bumi diperoleh hasil 72,2% dengan kategori valid dan 89,28% dengan kategori sangat valid. Hasil praktikalitas media pembelajaran interaktif medley melayu pada materi minyak bumi terhadap guru dan peserta didik diperoleh 81,25% dan 79,79% dengan kriteria praktis. Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif medley melayu pada materi minyak bumi layak digunakan dalam pembelajaran.

Keywords

Interactive learning media malay medley petroleum

Full Text:

PDF

References

Daftar Pustaka

Annisa, F. N. (2020). Pengaruh Penguasaan dan Eksistensi Penggunaan Bahasa Indonesia pada Masyarakat Era Globalisasi.

Arsyad, A. (2017). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Asri. (2017). Musik Melayu Ghazal. Yogyakarta: Balai Kajian dan Pengembangan Budaya Melayu.

Binanto, I. (2010). Multimedia Digital Dasar Teori + Pengembangannya. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Burum, I., & Quinn, S. (2015). MOJO: The Mobile Journalism handbook How to Make Broadcoast Videos with an IPhone Or Pad. Taylor & Francis.

Daryanto. (2011). Media Pembelajaran (H. Martin (ed.)). PT. Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.

Effendi, J., & Ramadhan, M. J. (2018). Analisa Cluster Aplikasi pada Google Play Store dengan Menggunakan Metode K-Means. Prosiding Annual Research Seminar 2018, 4(1), 103–106.

Fadlah, R. Y., & Bayharti, B. (2019). Pengembangan Permainan Scrabble Kimia sebagai Media Pembelajaran pada Materi Minyak Bumi Kelas XI SMA. Edukimia, 1(2), 31–38.

Firman, & Rahman, S. R. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2(2), 81–89.

Hamid, M. A., Ramadhani, R., Juliana, M., Safitri, M., Jamaludin, M. M., & Simarmata, J. (2020). Media Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.

Istifadah, R. (2018). Dampak Penggunaan Handphone Terhadap Perilaku Peserta Didik di SMA Piri Kecamatan Jatiagung Kabupaten Lampung Selatan. Journal of Materials Processing Technology, 1(1), 1–8.

Kautzar, A. (2019). Karakteristik Bentuk Musik Melayu Di Kota Palembang Pada Lagu Melati Karangan. Resital: Jurnal Seni Pertunjukan, 18(2), 88–94.

Kemendikbud. (2013). Kerangka Dasar Kurikulum 2013. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar. Jakarta.

Monica. (2010). Pengaruh Warna, Tipografi, dan Layout. Komunikasi Multimedia, 9, 459–468.

Nadlir. (2014). Urgensi Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2).

Nurhayati, S., Ifriany, A., & Lestari, I. (2014). Pengaruh Video-Animasi terhadap Hasil Belajar Siswa kelas XI SMAN 5 Pontianak ada Materi Kesetimbangan Kimia. Jurnal Pendidikan Kimia, 1(1), 1–11.

Nurjanah, F., Nazar, M., & Rusman. (2017). Pengembangan Media Animasi Menggunakan Software Videoscribe pada Materi Minyak Bumi Kelas X MIA di MAN Darussalam. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kimia (JIMPK), 2(4), 230–236.

Nurseto, T. (2011). Membuat Media Pembelajaran yang Menarik. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 8(1), 19–35.

Oktavianti, I., & Ratnasari, Y. (2018). Etnopedagogi dalam pembelajaran di Sekolah Dasar melalui media berbasis kearifan lokal. Jurnal Ilmiah Kependidikan Refleksi Edukatika, 8(2).

Ramadhan, A. (2010). Mengolah Audio dan MP3 dengan Audacity. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Roffiq, A., Qiram, I., & Rubiono, G. (2017). Media Musik Dan Lagu Pada Proses Pembelajaran. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 2(2), 35.

Saprita, I. (2012). Persepsi Remaja Surabaya Terhadap Tayangan Korean Wave di Indosiar. Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur.

Singgih, E. S. A. (2016). Bentuk Dan Fungsi Gaya Bahasa Dalam Lirik Lagu Chimène Badi Di Album Dis Moi Que Tu M’aimes. Skripsi. Jurusan Pendidkan Bahasa Prancis Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta.

Smith, C. (2013). Video in Photoshop. Jakarta: PT Serambi Ilmu Semesta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Syam, H. M. (2015). Globalisasi Media dan Penyerapan Budaya Asing, Analisis pada Pengaruh Budaya Populer Korea di Kalangan Remaja Kota Banda Aceh. Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(1), 54–70.

Taseman. (2020). Pemanfaatan Media Visual Pada Pembelajaran IPS Di MI Darul Mutaallimin Sidoarjo. Bada’a: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 2(1), 86–97.

Tegeh, I. M., Jampel, I. N., & Pudjawan, K. (2014). Model Penelitian Pengembangan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Wulandini, I. F. (2011). Pengaruh Media Ilustrasi Musik Terhadap Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas X (Eksperimen di SMA PGRI 22 Serpong). Skripsi.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.