Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital pada Materi Ikatan Kimia untuk Siswa Kelas X IPA
(1) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
(2) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
(3) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Abstract
Media pembelajaran menjadi salah satu strategi peningkatan kualitas suatu pendidikan. Penggunaan teknologi dalam pembentukan media pembelajaran diyakini dapat memecahkan masalah dalam pembelajaran yang memberikan manfaat dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Penggunaan media pembelajaran komik digital dapat dijadikan sebagai solusi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis komik digital yang diakses secara online melalui flipbook pada materi ikatan kimia serta mengetahui respon siswa mengenai media pembelajaran berbasis komik digital yang dikembangkan. Proses pengembangan menggunakan model TSRD (Three Stages Research Development) yang terdiri dari: (1) planning (pra pengembangan), (2) Development (pengembangan), (3) post development (pasca pengembangan). Penelitian ini menggunakan instrumen yang meliputi analisa kebutuhan, lembar validasi storyboard, lembar validasi prototype komik digital, dan angket respon siswa. Hasil penelitian berupa respon siswa diperoleh 85% pada aspek kelayakan isi dengan kriteria sangat baik, 86% pada aspek penyajian dengan kriteria sangat baik, 85% pada aspek kebahasaan dengan kriteria sangat baik, dan 84% pada aspek kegrafikan dengan kriteria sangat baik.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmat, J., & Sukartiningsih, W. (2013). Penggunaan Media Komik untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Cerita di Kelas V Sekolah Dasar. Jpgsd, 1(2), 1–9. http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/3025
Astuti, R., Panjaitan, R. G. P., & Titin. (2016). Kelayakan Media Komik Elektronik pada Pembelajaran Sub Materi Zat Aditif di SMP. Anjungpura University, 5(1), 1–13. https://media.neliti.com/media/publications/193099-ID-kelayakan-media-komik-elektronik-pada-pe.pdf
Budiarti, W. N., & Haryanto. (2016). Pengembangan Media Komik Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV. Jurnal Prima Edukasia, 4(2), 233. https://doi.org/10.21831/jpe.v4i2.6295
Jannah, N., Fadiawati, N., & Tania, L. (2017). Pengembangan E-book Interaktif Berbasis Fenomena Kehidupan Sehari-hari tentang Pemisahan Campuran. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Kimia, 6(1), 186–198. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPK/article/view/13179/pdf_21
Kanti, F. Y., Suyadi, B., & Hartanto, W. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Pada Kompetensi Dasar Sistem Pembayaran Dan Alat Pembayaran Untuk Siswa Kelas X Ips Di Man 1 Jember. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 12(1), 135. https://doi.org/10.19184/jpe.v12i1.7642
Kemendikbud, B. (2019). Pendidikan Di Indonesia Belajar Dari Hasil PISA 2018 (Issue 021). http://repositori.kemdikbud.go.id/16742/1/Laporan Nasional PISA 2018 Indonesia.pdf
Lubis, I. R., & Ikhsan, J. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Kimia Berbasis Android Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Prestasi Kognitif Peserta Didik SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 1(2), 191. https://doi.org/10.21831/jipi.v1i2.7504
Lutfi, A. (2013). Memotivasi Siswa Belajar Sains Dengan Menerapkan Media Pembelajaran Komik Bilingual. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran (JPP), 20(2), 152–159. http://journal.um.ac.id/index.php/pendidikan-dan-pembelajaran/article/view/4392/900
Luthfie, Husna, & Ifriyani. (2017). Pengaruh Pq4R Berbantuan Komik Terhadap Minat Baca Dan Hasil Belajar Minyak Bumi Pada Siswa Sma. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Untan, 6(5), 214881.
Nasution, K. M. M. (2016). Jurnal Nasional. Jurnal Nasional, December, 2009–2010. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.15424.43526/1
Nurhasanah, Y. I., & Destyany, S. (2016). Implementasi Model CMIFED Pada Multimedia Interaktif Untuk Pembelajaran Anak Usia TK Dan Playgroup. Jurnal Informatika, Vol. 2(2), 12. http://lib.itenas.ac.id/kti/wp-content/uploads/2013/10/No.-2-Vol.-2-Mei-Agustus-2011-1.pdf
Openhotman;, Sihaloho, M., & Isa, I. (2017). Analisis Pemahaman Siswa pada Konsep Ikatan Kimia Menggunakan Tes Paralel. Jurnal Entropi, 12(2), 152. http://e-resources.perpusnas.go.id:2148/eds/detail/detail?vid=0&sid=31ee3108-1f90-4812-953e-26e9ca6a8440%40sessionmgr102&bdata=JnNpdGU9ZWRzLWxpdmU%3D#AN=edsair.od......3622..8509473a69527a8f6bc085abff612fcf&db=edsair
Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Kimia SMA/MA, Salinan lampiran Permendikbud Nomor 024 Lampiran 0 (2016).
Pratiwi, D. K. P., & Sudibyo, E. (2018). Keefektifan Penggunaan Media Pembelajaran Komik Pada Materi Gerak Untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa Smp Kelas Viii. Pendidikan Sains, 6(02). http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/3025
Riduwan. (2020). Belajar Mudah Penelitian untuk Guru, Karyawan, dan Peneliti Muda. Alfabeta.
Rohman, M. A., & Mutmainah, S. (2015). Pengembangan Media Permainan Monopoli dalam Pembelajaran Seni Budaya dan Keterampilan Kelas VI SDN Tanamera I. Jurnal Pendidikan Seni Rupa, 3(1), 47–56. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/va/article/view/10165/9933
Shofa, M. I., Redhana, I. W., & Juniartina, P. P. (2020). Analisis kebutuhan pengembangan media pembelajaran IPA berbasis argument mapping. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia, 3(1), 31–40. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPPSI/article/download/24620/14920
Subagia, I. W. (2014). Paradigma Baru Pembelajaran Kimia SMA. Prosiding Seminar Nasional MIPA UNDIKSHA, 152–163. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/semnasmipa/article/view/10479
Suminar, D. (2019). Penerapan Teknologi Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Sosiologi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 774–783. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/psnp/article/view/5886/4220
Wahyuningsih, A. N. (2012). Pengembangan Media Komik Bergambar Materi Sistem Saraf Untuk Pembelajaran Yang Menggunakan Strategi Pq4R. Journal of Innovative Science Education, 1(1). https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jise/article/view/40/29
Watin, E., & Kustijono, R. (2017). Efektivitas Penggunaan E-book dengan Flip PDF Professional untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains. Seminar Nasinal Fisika (SNF) FMIPA UNESA, 1(1), 124–129. https://fisika.fmipa.unesa.ac.id/proceedings/index.php/snf/article/view/25
Wulan, I. S., Suprapto, P. K., & Kamil, P. M. (2020). Belajar Virus dengan Komik: Pengaruhnya terhadap Motivasi dan Hasil Belajar (Studi Eksperimen di Kelas X MAN Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020. Bioedusiana: Jurnal Pendidikan Biologi, 5(2), 70–83. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPK/article/view/13179/pdf_21
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.