Pengembangan Media Virtual Lab sebagai Alternatif Praktikum Kimia dalam Pembelajaran Daring di Masa Pandemi COVID-19

Fadhilah Fathul Jannah(1), Khamidinal Khamidinal(2), Jamil Suprihatiningrum(3),


(1) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
(2) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
(3) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Abstract

Pandemi Covid 19 menuntut pendidik Kimia untuk membuat alternatif dan inovasi pembelajaran dalam praktikum kimia yang dapat diakses melalui pembelajaran daring dan jarak jauh. Salah satunya dengan  Media Virtual Lab. Media ini dikembangkan dan diteliti kualitasnya melalui penelitian pengembangan (Research and Development) mengacu pada model pengembangan Borg dan Gall secara terbatas. Adobe animate CC dipilih sebagai program untuk merancang Media Virtual Lab agar media yang dihasilkan lebih menarik dan dapat diakses menggunakan komputer ataupun telepon pintar. Media Virtual Lab hasil pengembangan ditinjau oleh dosen pembimbing, diberi masukan dan saran oleh tiga peer reviewer kemudian divalidasi oleh satu ahli materi dan satu ahli media untuk kemudian dinilai oleh tiga pendidik Kimia SMA/MA. Produk ini juga direspon oleh sepuluh peserta didik kelas XII MIPA. Data diambil dengan lembar angket skala Likert untuk menilai kualitas produk dan lembar angket skala Guttman untuk mengumpulkan respon peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan Media Virtual Lab memiliki kategori sangat baik dengan persertase penilaian sebesar 90,62%; 95,83%; dan 92,92% oleh ahli materi, ahli media, dan reviewer secara berturut-turut. Peserta didik sebagai pengguna media merespon positif dengan adanya Media Virtual Lab berbasis Adobe Animate CC ini.

Keywords

Penelitian dan Pengembangan, Virtual Lab, Karbohidrat protein

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.