Pengembangan Multimedia Interaktif Berbentuk Aplikasi Android Berbasis Multipel Representasi pada Materi Kesetimbangan Kimia

Winda Sitia Elisabeth Sinaga(1), Yusnaidar Yusnaidar(2), Wilda Syahri(3), Muhaimin Muhaimin(4),


(1) Universitas Jambi
(2) Universitas Jambi
(3) Universitas Jambi
(4) Universitas Jambi

Abstract

Kemampuan daam mengaitkan tiga level representasi kimia (makroskopik, submikroskopik, dan simbolik) diperlukan siswa dalam memahami materi kesetimbangan kimia yang memiliki karakteristik abstrak dengan contoh konkrit. Penelitian ini merupakan penelitian research and development (R&D) menggunakan model desain pembelajaran berbasis multipel representasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia pembelajaran interaktif berbasis multipel representasi, mengetahui hasil validasi, penilaian guru, dan respon siswa terhadap media yang dikembangkan. Hasil penelitian diperoleh rerata skor dari ahli materi 4,6 (sangat baik), ahli desain pembelajaran 4,56 (sangat baik), dua ahli media masing-masing 5,0 dan 4,83 (sangat baik), penilaian dari dua orang guru masing-masing 4,8 dan 4,73 (sangat baik), respon sangat baik dari siswa dengan rerata skor 4,3 (uji satu satu) dan 4,55 (uji kelompok kecil). Berdasarkan hasil tes berupa pretest dan postest diperoleh adanya peningkatan kemampuan multipel representasi siswa yang sejalan dengan meningkatnya pemahaman siswa pada materi kesetimbangan kimia.   

Keywords

Multimedia interaktif Multipel representasi Kesetimbangan kimia

Full Text:

PDF

References

Ainsworth, S. (2008). The Educational Value of Multiple-representations when Learning Complex Scientific Concepts. In Models and Modeling in Science Education Visualization : Theory and Practice in Science Education (pp. 191–208). Spinger. https://doi.org/10.4324/9780203165089-11

Assma, S., Raudhatul, F., & Dini, H. (2015). Pengembangan Modul Pembelajaran Kimia Berbasis Mu;Tipel Representasi Pada Materi Stoikiometri Kelas X SMA Negeri 01 Rasau Jaya. Ar-Razi Jurnal Ilmiah, 6(1), 40–50.

Daryanto. (2010). Media Pembelajaran. Gava Media.

Devtiarani, Y., Khoirunnisa, F., & Sabekti, W. (2022). Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Medley Melayu pada Materi Minyak Bumi. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 16(2), 65–74.

Dewi, R. K. (2022). Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia Analisis Kebutuhan Media Pembelajaran Berbasis e-learning pada Mata Pelajaran Kimia di SMA Negeri 8 Semarang. JUrnal INovasi, 16(2), 118–120.

Farida, I., & Sopandi, W. (2011). Pembelajaran berbasis web, interkoneksi multiple level representasi, Kesetimbangan larutan asam-basa. 14–24.

Farida, I., Widyantoro, D. H., & Sopandi, W. (2010). Representational Competence’s Profile of Pre -Service Chemistry Teachers in Chemical Problem Solving.

Harianto, A., Khery, Y., & Kimia, P. P. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Kimia Berbasis Android untuk Penumbuhan Literasi Sains Siswa pada Materi Reaksi Redoks dan Elektrokimia. Hydrogen: Journal Kependidikan Kimia, 5(2), 35–47. https://doi.org/https://doi.org/10.33394/hjkk.v5i2.1588

Helsy, I., & Andriyani, L. (2017). Pengembangan Bahan Ajar pada Materi Kesetimbangan Kimia Berorientasi Multipel Representasi Kimia. Jurnal Tadria Kimiya, 2(1), 104–108. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.15575/jta.v2i1.1365

Herawati, R. F., Mulyani, S., & Redjeki, T. (2013). Pembelajaran Kimia Berbasis Multiple Representasi Ditinjau dari Kemampuan Awal Terhadap Prestasi Belajar Laju Reaksi SIswa SMA Negeri I Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 2(2), 38–43.

Izzati, S., Sunyono, & Efkar, T. (2015). Penerapan SiMaYang Tipe II Berbasis Multipel Representasi pada Materi Asam Basa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Kimia, 4(1), 262–274.

Karpudewan, M., Treagust, D. F., Mocerino, M., Won, M., & Chandrasegaran, A. L. (2015). Investigating High School Students ’ Understanding of Chemical Equilibrium Concepts. International Journal of Environmental & Science Education, 10(6), 845–863. https://doi.org/10.12973/ijese.2015.280a

Kartini, K. S., & Setiawan, I. K. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Tata Nama IUPAC Senyawa Anorganik Berbasis Android. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(2), 238–245. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jipp.v3i2.21167

Kirna, I. M. (2012). Pemahaman Konseptual Pebelajar Kimia Pemula dalam Pembelajaran Berbantuan Multimedia Interaktif. Jurnal Ilmu Pendidikan, 18(1), 88–97. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jip.v18i1.3387

Lubis, I. R., & Ikhsan, J. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Kimia Berbasis Android Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Prestasi Kognitif Peserta Didik Sma. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 1(2), 191. https://doi.org/10.21831/jipi.v1i2.7504

Mayer, R. E. (2009). Multimedia Learning (2nd ed.). Cambridge University Press.

Prokša, M., Drozdíková, A., & Haláková, Z. (2018). Learners’ Understanding of Chemical Equilibrium at Submicroscopic, Macroscopic, and Symbolic. Chemistry Didactics Ecology Metrology, 23(1–2), 97–111. https://doi.org/10.1515/cdem-2018-0006

Putri, D. P. E., & Muhtadi, A. (2018). Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif kimia berbasis android menggunakan prinsip mayer pada materi laju reaksi. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 5(1), 38–47. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jitp.v5i1.13752

Sanjaya, W. (2012). Media Komunikasi Pembelajaran. Kencana.

Sunyono. (2015). Model Pembelajaran Multipel Representasi: Pembelajaran Empat Fase dengan Lima Kegiatan: Orientasi, Eksplorasi, Imajinatif, Internalisasi, dan Evaluasi. Media Akademi.

Syahri, W., Muhaimin, & Ardi, A. M. (2016). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Representasi Kimia pada Materi Laju Reaksi untuk Siswa Kelas XI SMAN 4 Kota Jambi. J. Indo. Soc. Integ. Chem, 8(2), 26–34.

Syahri, W., Muhaimin, M., Syamsurizal, S., & Rusdi, M. (2021). Development of an Instructional Design Model for Physical Chemistry based on Multiple Representatives. International Journal of Instruction, 14(2), 517–534. https://doi.org/10.29333/iji.2021.14229a

Syahri, W., Muhaimin, & Yusnaidar. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Kesetimbangan Kimia Berbasis Multipel Representatif untuk Mahasiswa Pendidikan Kimia FKIP Universitas Jambi. Semirata 2016 Bidang MIPA BKS-PTN Barat, Palembang (Indonesia), 1–9.

Tasker, R., & Dalton, R. (2006). Research into practice: Visualisation of the molecular world using animations. Chemistry Education Research and Practice, 7(2), 141–159. https://doi.org/10.1039/B5RP90020D

Widoyoko, E. P. (2012). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Pustaka Belajar.

Wu, H. K., Krajcik, J. S., & Soloway, E. (2001). Promoting understanding of chemical representations. Journal of Research in Science Teaching, 38(7), 821–842. https://doi.org/https://doi.org/10.1002/tea.1033

Zahro’, S. F., & Ismono, I. (2021). Analisis Kemampuan Multirepresentasi Siswa Pada Materi Kesetimbangan Kimia di Masa Pandemi Covid-19. Chemistry Education Practice, 4(1), 30. https://doi.org/10.29303/cep.v4i1.2338

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.