PENGARUH PENDEKATAN TSTS DENGAN PERLAKUAN GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA MATERI HASIL KALI KELARUTAN KELAS XI SMA N 1 BANDAR

Sri Wahyuni(1), Antonius Tri Widodo(2), Saiful fahmi(3),


(1) Jurusan Kimia FM/PA Universitas Negeri Semarang Kampus Sekaran Gunungpati Semarang 50229
(2) Jurusan Kimia FM/PA Universitas Negeri Semarang Kampus Sekaran Gunungpati Semarang 50229
(3) Jurusan Kimia FM/PA Universitas Negeri Semarang Kampus Sekaran Gunungpati Semarang 50229

Abstract

Te/ah dilakukan penelitian pengaruh pendekatan pembe/ajaran kooperatif Two Stay Two Stray (TSTS) dengan perlakuan Group Investigation terhadap hasil be/ajar kimia pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan siswa kelas XI SMA Negeri 1 Bandar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan pendekatan pembe/ajaran kooperatif TSTS­ GI terhadap hasil be/ajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IA SMA N 1 Bandar. Sampel diambil dengan teknik cluster random sampling yaitu dua kelas diambil secara acak sebagai kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi, tes, observasi, dan angket. Ana/isis tahap awal menunjukkan, populasi memiliki tingkat homogenitas sama dan data terdistribusi normal. Setelah diberi perlakuan kemudian dilakukan post-test, diketahui rata-rata hasil be/ajar kelompok eksperimen lebih baik daripada kontrol. Uji korelasi menunjukkan bahwa korelasi antardua variabel ini signifikan, sehingga besamya pengaruh 24, 76%. Rata-rata skor total afektif dan psikomotorik kelompok eksperimen lebih baik daripada kontrol. Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan pendekatan pembelajaran kooperatif TSTS-GI berpengaruh terhadap hasil be/ajar siswa. Selain itu, pembelajaran model pembelajaran kooperatif TSTS­ GI mencapai ketuntasan be/ajar klasikal sebesar 89, 13% sehingga pembelajaran ini efektif digunakan.

Keywords

Pembelajaran Koperatif; Two Stay Two Stray; Group Investigation

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.