MODEL PEMBELAJARAN PRAKTIKUM KIMIA FISIKA BERORIENTASI CHEMO-ENTREPRENEURSHIP BERSTRATEGI REACT UNTUK MENINGKATKAN KECAKAPAN HIDUP
(1) Jurusan Kimia FM/PA Universitas Negeri Semarang Kampus Sekaran Gunungpati Semarang 5022
(2) Jurusan Kimia FM/PA Universitas Negeri Semarang Kampus Sekaran Gunungpati Semarang 5022
(3) Jurusan Kimia FM/PA Universitas Negeri Semarang Kampus Sekaran Gunungpati Semarang 5022
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menerapkan model pembelajaran yang berkualitas dan dapat mengembangkan kecakapan hidup mahasiswa. Model pembelajaran yang diterapkan adalah model pembelajaran berorientasi chemo-entrepreneurship berbasis REACT. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan met ode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai akhir kelompok eksperimen lebih baik dibanding kelas KontroL Kelas Eksperimen memberikan skor kecakapan hidup yang lebih tinggi dibanding Kelas Kontrol. Perlu dilakukan penelitian lebih lanjut mengenai manfaat yang lebih spesifik penerapan model pembelajaran kimia berorientasi Chemo entrepreneurship berstrategi REACT, misalnya dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa.
The purpose of this study was to apply a qualified model and can develop students' life skills. Applied learning model was REACT based and chemo-entrepreneurship oriented learning model. This research is development research. The data obtained were analyzed using descriptive-qualitative method. The results showed that the final value of the experimental class was better than that of the control class. The experimental class provided life skills higher score than the control class. A further research on the benefits of a more specific application of chemistry learning model oriented to chemo-entrepreneurship with REACT strategy is necessary to be conducted, for example in improving students' critical thinking skills.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.