PENGEMBANGAN MODUL CHEMIRELIGIOUSA TERINTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER BERVISI SETS

Aziz Amrullah(1), Subiyanto Hadisaputo(2), Kasmadi Imam Supardi(3),


(1) Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Semarang Gedung D6 Lantai 2 Kampus Sekaran Gunungpati Semarang, 50229, Telp. (024)8508035
(2) Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Semarang Gedung D6 Lantai 2 Kampus Sekaran Gunungpati Semarang, 50229, Telp. (024)8508035
(3) Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Semarang Gedung D6 Lantai 2 Kampus Sekaran Gunungpati Semarang, 50229, Telp. (024)8508035

Abstract

Pembelajaran kimia terintegrasi pendidikan karaker sangat penting dilakukan dalam rangka pencapaian kompetensi inti dan tujuan pendidikan nasional dengan cara mengintegrasikan bahan ajar dengan pendidikan karakter. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul kimia terintegrasi pendidikan karakter bervisi SETS pada kompetensi kelarutan dan hasil kali kelarutan yang layak, praktis, dan efektif. Desain yang digunakan adalah define, design, dan development mengacu pada model prosedural 4-D. Data diperoleh dengan menggunakan lembar validasi, observasi, angket, tes, dan dokumentasi. Hasil rata-rata validasi modul pada komponen kelayakan isi, penyajian, kebahasaan, kegrafikan, nilai karakter, kepraktisan, dan SETS berturut-turut mendapat skor sub kelarutan dan hasil kali kelarutan 34,2 (40); 39,8 (44); 42 (48); 58,4 (64); 14,8 (16); 21,8 (24); dan 10,8 (12), sub peramalan kejenuhan dan pengendapan 34,4 (40); 38,8 (44); 42,2 (48); 58 (64); 14,8 (16); 21,8 (24); dan 10,2 (12); dan sub pengaruh ion senama dan pH terhadap kelarutan 34,4 (40); 39,6 (44); 42 (48); 58,4 (64); 14,8 (16); 21,8 (24); dan 10,4 (12). Penilaian kepraktisan modul untuk keseluruhan subbab memperoleh skor 14,8 (92,5%). Keefektifan modul ditinjau dari ketuntasan klasikal siswa sebesar 88,5% dan uji N-gain sebesar 0,6166 (sedang). Berdasarkan perolehan data hasil penelitian menginterpretasikan bahwa modul yang dikembangkan layak, praktis, dan efektif untuk digunakan.

Keywords

modul chemireligiousa, pendidikan karakter, SETS

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.