Hubungan antara latar belakang pendidikan, minat terhadap profesi guru, kemanfaatan ospek, kegiatan organisasi, dan hasil belajar mahasiswa Pendidikan Otomotif

Satriyo Panuju(1), Amat Mukhadis(2), Eko Edi Poerwanto(3),


(1) Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang
(2) Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang
(3) Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji signifikansi hubungan antara latar belakang pendidikan, minat terhadap profesi guru, kemanfaatan ospek, kegiatan organisasi, dan hasil belajar. Digunakan rancangan penelitian korelasional dengan subjek mahasiswa pendidikan otomotif Universitas Negeri Malang angkatan 2015 sebanyak 79. Data dikumpulkan dengan kuesioner, wawancara, dokumentasi, dan dianalisis dengan teknik Regresi Linier Berganda. Hasil penelitian menunjukkan: (1) tidak ada hubungan yang signifikan antara latar belakang pendidikan dan hasil belajar mahasiswa; (2) tidak ada hubungan yang signifikan antara minat terhadap profesi guru dan hasil belajar mahasiswa; (3) tidak ada hubungan yang signifikan antara kemanfaatan ospek dan hasil belajar mahasiswa; (4) tidak ada hubungan yang signifikan antara kegiatan organisasi dan hasil belajar mahasiswa; (5) tidak ada hubungan yang signifikan secara simultan latar belakang pendidikan, minat terhadap profesi guru, kemanfaatan ospek, kegiatan organisasi, dan hasil belajar mahasiswa.

Full Text:

PDF

References

Adi Pratama, Vahdian. 2014. Hubungan Antara Kecemasan Dalam Mengerjakan Tes, Motivasi Berprestasi dan Prestasi Belajar Siswa Kelas X Mata Pelajaran Sistem Bahan Bakar Sepeda Motor Pada Program Keahlian Teknik Otomotif Di SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: FT Universitas Negeri Malang.

Alfiana, Arini Dwi. 2013. Regulasi Diri Mahasiswa Ditinjau dari Keikutsertaan Dalam Organisasi Kemahasiswaan. Jurnal Ilmu Psikologi Terapan, (online), 1 (2): 245 – 259, (http://ejournal.umm.ac. id/index.php/jipt/article/view/1581), diakses 10 Januari 2017.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktik). Yogyakarta: Rineka Cipta.

Aritonang, Keke T. 2008. Minat dan Motivasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Penabur, (online), 10 (7): 11 – 21, (http://bpkpenabur.or.id/id/jurnal/), diakses tanggal 16 Juni 2017.

Atmoko, Adi. 2012. Bahan Ajar Matakuliah Desain dan Analisis Data. Malang : Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Darmawan, Alfan. 2016. Minat dan Kesiapan Kerja Mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Malang Antara Profesi Guru dan Industri. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: FT Universitas Negeri Malang.

Hamdi, Syukrul & Abadi, Agus Maman. 2014. Pengaruh Motivasi, Self-Efficacy dan Katar Belakang Pendidikan Terhadap Prestasi Matematika Mahasiswa PGSD dan PGMI. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, (Online), 1 (1): 77 – 87, (http://journal.uny.ac.id/index. php/jrpm/article/view/2666), diakses tanggal 10 Januari 2017.

Hanifah, Nur. 2014. Hubungan Persepsi Mahasiswa Baru Tentang Program Pengenalan Kehidupan Perguruan Tinggi (PKPT) Dengan Kedisiplinan Di FIP Universitas Negeri Malang. Skripsi belum diterbitkan. Malang: FIP Universitas Negeri Malang.

Herdianto, Bernard Putra. 2013. Pengaruh Keaktifan Berorganisasi dan Tingkat Kemandirian Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa (Studi Kasus Pada Mahasiswa Aktivis Organisasi Kemahasiswaan Di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang). Skripsi tidak diterbitkan. Malang: FE Universitas Negeri Malang.

Jansen, Ellen P. W. A. & Meer, Jacques van der. 2012. Ready for university? A cross-national study of students’ perceived preparedness for university. Published with open access at Springerlink.com, (Online), 39: 1 – 16, (https://link. springer.com/article/10.1007/s13384-011-0044-6), diakses tanggal 19 Juni 2017.

Khonbi, Zainab Abolfazli & Sadeghi, Karim. 2012. The Effect of Assessment Type (self vs. peer vs. teacher) on Iranian University EFL Students’ Course Achievement. Language Testing in Asia, (Online), 2 (4): 47 – 74, (https:// link.springer.com/article/10.1186/2229-0443-2-4-47), diakses tanggal 19 Juni 2017.

Kusuma, Ajeng Atma. 2012. Hubungan Antara Latar Belakang Pendidikan Mahasiswa Terhadap Prestasi Belajar Pada Matakuliah Teknik Dasar Menjait Mahasiswa S1 Pendidikan Tata Busana Angkatan 2011 Jurusan Teknologi Industri Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: FT Universitas Negeri Malang.

Maharani, Debby. 2016. Hubungan Antara Latar Belakang Pendidikan, Penguasaan Kompetensi Otomotif, dan Motivasi Belajar Dengan Kesiapan On The Job Training Mahasiswa Pusdikla Suzuki Universitas Negeri malang. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: FT Universitas Negeri Malang.

Mahardika, Ephos. 2010. Pengaruh Minat Pada Profesi Guru Ekonomi dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: FE Universitas Negeri Malang.

Marni Tri, Purwanti, dan Yuline. 2015. Hubungan Antara Aktivitas Organisasi Sekolah Peserta Didik dengan Hasil Belajar. Jurnal Ilmu Pendidikan. 1(1) : 1 – 13.

Mukhadis Amat, Ibnu Suhadi, dan Wayan I Dasna. 2003. Dasar – Dasar Metodologi Penelitian (Revisi). Malang: UM Press.

Mukhadis, Amat. 2013. Evaluasi Program Pembelajaran Bidang Teknologi (Terminologi, Prosedur Pengembangan Program dan Instrumen). Malang: Bayumedia Publishing.

Mukhadis, Amat. 2015. Kiat Menulis Karya Ilmiah (Bentuk, Anatomi, Isi Esensial, dan Contoh Aplikasinya). Malang: Aditya Media.

Mukhadis, Amat. 2016. Metodologi Penelitian Kuantitatif (Bidang Pendidikan dan Contoh Aplikasinya). Malang: Aditya Media.

Mukhadis, Amat. 2017. Kiat Menulis Karya Ilmiah (Bentuk, Anatomi, Isi Esensial, dan Contoh Aplikasinya). Malang: Aditya Media.

Ni’mah & Oktarina. 2014. Pengaruh Minat Profesi Guru, Locus Of Control Internal, Peran Guru Pamong dan Prestasi Belajar Terhadap Kesiapan Mahasiswa Menjadi Guru Pada Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang, Economic Education Analysis Journal, 3 (2): 336 – 342, (https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj/article/view/3947), diakses tanggal 17 Januari 2017.

Novita, Lia Devi. 2013. Minat Terhadap Profesi Guru Pada Mahasiswa Jurusan Teknologi Industri Program Studi S1 Pendidikan Tata Busana Angkatan 2009 Universitas Negeri Malang. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: FT Universitas Negeri Malang.

Pusposutardjo, Suprodjo. 2003. Panduan Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi, Direktorat Pembinaan Akademik dan Kemahasiswa-an). Departemen Pendidikan Nasional: Jakarta.

Rozikin, Achmad Zainul. 2016. Pengaruh Hasil Belajar Ekonomi dan Hasil Belajar Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Siswa Kelas X IPS MAN 3 Malang. Skripsi belum diterbitkan. Malang: FE Universitas Negeri Malang.

Soenarno, Rayan, dan Pranoto. 2005. Pendidikan Ketamansiswaan I. Yogyakarta: Majelis Luhur Persatuan Tamansiswa.

Soenarno, Rayan, dan Pranoto. 2005. Pendidikan Ketamansiswaan II. Yogyakarta: Majelis Luhur Persatuan Tamansiswa.

Soenarno, Rayan, dan Pranoto. 2005. Pendidikan Ketamansiswaan III. Yogyakarta: Majelis Luhur Persatuan Tamansiswa.

Sugiyono. 2017. Statistika Untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta.

Syafi’I, Ade Suryani. 2009. Pengaruh Manajemen Waktu dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Kimia Siswa Kelas X MAN Maguwoharjo Sleman Yogyakarta. Skripsi diterbitkan, (Online), Program Studi Pendidikan Kimia Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, (http:// digilib.uin-suka.ac.id/3365/), diakses tanggal 10 Januari 2017.

Ulfatin, Nurul. 2012. Metode Penelitian Kualitatif Di Bidang Pendidikan: Teori dan Aplikasinya (Studi Kasus, Etnografi, Interaksi Simbolik, dan Penelitian Tindakan pada Konteks Manajemen Pendidikan). Malang: Media Nusa Creative.

Thoifah I’anatut. 2015. Statistika Pendidikan dan Metode Penelitian Kuantitatif. Malang: Madani (Kelompok Intrans Publishing).

Wahyono, Teguh. 2012. Analisis Statistik Mudah Dengan SPSS 20. Jakarta: Kompas Gramedia.

Wahyuningsih, Endah. 2015. Analisis Pelaksanaan Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus Bagi Mahasiswa Baru di Lingkungan Akper dan Stikes Bahrul Ulum Tahun Akademik 2014/2015 (Studi Tentang Konstruksi Sosial Pada Panitia Ospek Bersama Akper dan Stikes Bahrul Ulum). Jurnal Politika. 1 (1): 1 – 13.

Widyastono, Herry. 2013. Minat Terhadap Profesi Guru, Pengetahuan Tentang Penilaian Hasil Belajar, dan Kualitas Buatan Guru. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. 19 (2) : 222 – 235.

Wulandari, Putri Anita. 2012. Pengaruh Minat Pada Profesi Guru dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Angkatan 2009 – 2010 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Skripsi belum diterbitkan. Malang: FE Universitas Negeri Malang.

_______, Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Online), (https://kbbi. kemdikbud.-go.id/, diakses tanggal 22 Desember 2016).

_______, Undang – Undang RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Badan Pemeriksaan Keuangan Republik Indonesia. (Online), (http://www.jdih. bpk.go.id), diakses tanggal 22 Desember 2016.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Alamat Penerbit: Gedung Dekanat, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang, Kampus Sekaran, Gunungpati, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia, 50229. Telp./Fax.: (024) 8508101. Email: [email protected]

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats