KARAKTERISTIK FAKTOR KREDIBILITAS PADA MODEL BUHLMANN UNTUK MENENTUKAN PREMI
(1) Jl. Ahmad Yani, Kompleks FMIPA Untan, Pontianak
(2) Jl. Ahmad Yani, Kompleks FMIPA Untan, Pontianak
Abstract
Salah satu tugas aktuaris dalam perusahaan asuransi adalah menentukan tarif premi yang layak. Teori kredibilitas dapat digunakan untuk menentukan tarif premi. Teori kredibilitas adalah suatu teknik untuk memprediksi besarnya tarif premi di masa depan berdasarkan data pengalaman di masa lalu. Faktor kredibilitas dapat ditentukan dengan tiga pendekatan, yaitu pendekatan kredibilitas fluktuasi terbatas, pendekatan Bayesian dan pendekatan keakuratan tertinggi. Dalam artikel ini membahas model Bühlmann yang digunakan sebagai pendekatan kredibilitas keakuratan tertinggi. Faktor kredibilitas diperoleh dengan meminimumkan kuadrat sesatan antar nilai harapan dan variansi yang diduga. Karakteristik faktor kredibilitas ( ) dapat ditentukan berdasarkan nilai dari T tahun observasi, variansi dari deviasi claim severity (a) dan variansi dari deviasi claim severity untuk tahun ke-t ( ), yaitu jika maka . Semakin banyak terdapat pengalaman maka semakin percaya terhadap claim severity yang diharapkan setiap perusahaannya. Jika maka . Berarti claim severity yang diharapkan dari perusahaan lain tidak dapat menyediakan informasi tentang risiko perusahaan. Jika maka . Jika untuk parameter risiko tertentu, pengalaman setiap perusahaan tidak digunakan untuk mengestimasi claim severity yang sesungguhnya.
One of the tasks of actuaries in insurance companies is determining the appropriate premium rates. Credibility theory can be used to determine premium rates. Credibility theory is a technique to predict the magnitude of future the premium rates based on data from past experience. Credibility factor can be determined by three approaches, namely limited fluctuation credibility, Bayesian approach and the approach of the highest accuracy. Buhlmann model is used as tue credibility approach with the highest accuracy. Credibility factor is obtained by minimizing the square of the aberration between the expected value and variance are suspected. The characteristics of credibility factor ( ) can be determined based on the value of years observation, the variance of the deviation claim severity (a) and the variance of the deviation claim severity for the year t , i.e if then . The more the experience, yhe client is more confidence to the expected claim severity each company. If then . It means the expected claim severity can not provide information from other companies about the risks of the company. If then . For certain risk parameters, the experience of each company is not used to estimate the actual claim severity.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Bühlmann H. 2005. A Course is Credibility Theory and its Applications. Springer.
Dean CG. 2005. Topies in Credibility Theory. Casualty Actuarial Society.
Dervit M. 2007. Actuarial Modeling of Claim Court: Risk Classifications, Credibility and Bonus Molus System. John Willey.
Gaw WC. 2004. Interval Estimation of The Credibility Factor, Casualty Actuarial Society.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.