PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) PADA SISWA KELAS 6 SEKOLAH DASAR

Dyah Kartika Sari(1),


(1) Universitas Kristen Satya Wacana

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pada siswa kelas 6 SD Negeri 3 Genengadal dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together). Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahapan antara lain perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data adalah dengan wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi atau arsip. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model tipe NHT dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPS tentang bencana alam siswa kelas 6 SD Negeri 3 Genengadal. Persentase kenaikan jumlah siswa yang mencapai ketuntasan belajar minimal (KKM) antara lain: pada pra siklus ketuntasan KKM sebesar 31,25%, pada siklus I ketuntasan KKM meningkat mencapai 56,25%, dan pada siklus II ketuntasan KKM meningkat hingga mencapai 81,25%.

Keywords

hasil belajar, kooperatif, NHT.

Full Text:

PDF

References

Astrawan, I G.B. 2014. Penerapan Model Kooperatif Tipe NHT Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Di Kelas V SDN 3 Tonggolobibi: Jurnal Kreatif Tadulako Online, 3 (4): 227-242

Dewi, H.K, Amir dan Sukarno. 2014. Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT): Jurnal Didaktika Dwija Indria, 2 (7): 1-6

Hariyanto, W. 2012. Pembelajaran Aktif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Ibrahim dan Nur. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Surabaya University Press.

Lie, A. 2008. Cooperative Learning. Jakarta: PT Gasindo.

Prastiwi, Y. dan Sudianto, M. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Heads Together) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Sekola Dasar: E-Journal UNESA, 1 (2): 1-10

Rusman. 2010. Pembelajaran Mengembang- kan Profesionalisme Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Septi, A. dan Riandani, E. 2012. Penerapan Metode Problem Solving Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Peserta Didik Kelas VIII A SMP Negeri 2 Kaloran Temanggung Dalam Mengikuti Mata Pelajaran IPS. (S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta). Yogyakarta.

Sudjana, N. 2011. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Suprijono, A. 2009. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Winkel, W.S. (2004). Psikologi Pengajaran. Yogyakarta: Media Abadi.

Zuhdi, A. 2010. Guru Idola. Yogyakarta: Gen-K Publisher.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License