PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KEAKTIFAN SISWA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN PENUGASAN BERSTRUKTUR

Wachrodin Wachrodin(1),


(1) Universitas Negeri Semarang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan keaktifan siswa kelas XI Jasa Boga 3 SMK Negeri 1 Tegal tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian menggunakan dua siklus dengan metode pengambilan data menggunakan tes, angket dan observasi. Analisis data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa meningkat dari 6,11% menjadi 86,11% atau kenaikannya sebesar 80%. Keaktifan siswa naik dari 30% menjadi 80,56% atau kenaikannya sebesar 50,56%.

Keywords

pemecahan masalah, keaktifan siswa, model pembelajaran Problem Based Learning, tugas tertruktur

Full Text:

PDF

References

Aqib, Z. dan Maftuh, M. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: CV Yrama Widya.

Arikunto, S. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Depdiknas, 2006. Pengembangan Silabus dan Penilaian Mata Pelajaran IPA. Jakarta: Depdiknas.

Hariwijaya, M. 2007. Metodologi dan Teknik Penulisan Skripsi, Tesis dan Disertasi untuk Ilmu-Ilmu Sosial dan Humanioa. Yogyakarta: Elmatera.

Junaedi, I. 2011. Instrumen Penelitian dan Analisis Data (Makalah) : Disajikan pada Fasilitasi Peningkatan Kompetensi Action Reasearch Guru SMA/SMK Prov. Jateng.

Moleong, L. J. 2000. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mutiara, T., dkk. 2008. IPA untuk SMK dan MAK Kelas X. Jakarta: Erlangga.

Nugroho. 2011. Teknik Penyusunan Rancangan dan Pelaporan Hasil PTK (Makalah) : Disajikan pada Fasilitasi Peningkatan Kompetensi Action Reasearch Guru SMA/SMK Prov. Jateng.

Silberman, M. 2009. Active Learning: 101 Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.

Subyantoro, A., dan Suwarto, FX. 2006. Metode dan Teknik Peneitian Sosial. Yogyakarta: Andi.

Subyantoro. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Semarang: Univesitas Diponegoro.

Suhardjono. 2010. Pertanyaan dan Jawaban di Sekitas Penelitian Tindakan Kelas dan Tindakan Sekolah. Malang: Cakrawala Indonesia.

T. I. Hartini, A. Kusdiwelirawan, I. Fitriana. 2014. Pengaruh Berpikir Kreatif Dengan Model Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Prestasi Belajar Fisika Siswa Dengan Menggunakan Tes Open Ended. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia.Unnes.

Wirarta, I.M. . 2005. Pedoman Penulisan Usulan Penelitian, Skripsi, dan Tesis. Yogyakarta: Andi.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License