IDENTIFIKASI FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENYELESAIAN SKRIPSI PADA MAHASISWA S1 PSIKOLOGI DI KOTA SEMARANG

Sugeng Hariyadi(1), Abdul Haris Fitri Anto(2), Woro Apriliana Sari(3),


(1) Universitas Negeri Semarang
(2) 
(3) 

Abstract

Penelitian ini adalah bagian dari program research and development multitahun dengan tujuan akhir yaitu memiliki model akselerasi penyelesaian skripsi pada mahasiswa S1 Psikologi. Pada tahun pertama,  penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang menyebabkan lamanya masa penyelesaian skripsi pada mahasiswa psikologi. Subyek penelitian ini adalah lembaga penyelenggara program studi psikologi S1 di Semarang. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, dan data penelitian diolah menggunakan analisis koding. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rerata mahasiswa psikologi memerlukan waktu dua semester untuk menyelesaikan skripsinya. Faktor-faktor yang mempengaruhi penyelesaian skripsi, yaitu: kebijakan fakultas dalam penyelesaian skripsi, kendala-kendala dalam menuntaskan skripsi, dan usaha mahasiswa dalam merampungkan skripsinya. Dengan hasil tersebut, penyusunan model akselerasi penyelesaian skripsi adalah saran yang urgen untuk ditindaklanjuti.

Keywords

faktor penyelesaian skripsi, mahasiswa psikologi

Full Text:

PDF

References

BAN-PT. 2016. BAN-PT 3174/SK/BAN-PT/Akred/PT/XII/2016. http://ban-pt.kemdikbud.go.id/hasil_aipt.ph

Hamidi, P., Kasih, F., & Yusnetti. 2007. Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Mahasiswa Dalam Penyelesaian Skripsi ( Studi Terhadap Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling Angkatan 2006-2007 Stkip Pgri Sumatera Barat). Retrieved from http://download.portalgaruda.org/article.php? article=181945&val=6303&title

Iswahyudi. 2015. “Permasalahan Penyusunan Tugas Akhir Mahasiswa Bidang Pengkajian Seni Program Studi Pendidikan Seni Kerajinan Fbs UMY”. IMAJI, 13(2): 1–14.

Yatmono, S., & Zamtinah. 2009. “Akselerasi Penyelesaian Proyek Akhir Mahasiswa Jurusan Pendidikan Teknik Elektro FT UNY Melalui Aplikasi Metode Kawakita Jiro”. Jurnal Edukasi, 5(1): 41–52.

Renstra UNNES 2015-2019. Diunduh dari lp2m.unnes.ac.id/file_unduh/ 2015_renstra_lp2m_unnes.pdf. retrieved March 20 2017.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License