Tingkat Penguasaan Pengelolaan Bahan Literasi Guru-guru Sekolah
(1) 
(2) 
(3) 
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memotret pengetahuan guru SDIT Mutiara Hati Semarang, mengenai penguasaan pengelolaan perpustakaan. Guru sebagai ujung tombak pendidikan, sangat penting peranannya dalam memfasilitasi siswa terkait bahan literasi. Bahan literasi yang dpilih oleh guru sangat menentukan keberhasilan proses pembelajaran, utamanya aspek literasi sains. Penelitian dilakukan secara eksploratif, untuk menggali informasi mengenai seberapa dalam pengetahuan guru dalam mengelola bahan literasi. Data didapatkan melalui tes awal. Analisis dilakukan dengan statistik proporsi yang bersifat eksploratif. Sampel yang digunakan adalah seluruh guru SDIT Mutuara Hati, yaitu sebanyak 14 orang dengan berbagai latar belakang pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kemampuan literasi guru yang diteliti sebesar 35,71. Dengan nilai tersebut maka disimpulkan bahwa penguasaan guru SDIT Mutiara Hati semarang mengenai kepustakaan termasuk dalam kategori kurang.
Keywords
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License