DAMPAK PEMBELAJARAN ONLINE BAGI SISWA SMA DI SURABAYA DAN SEKITARNYA AKIBAT ADANYA SOCIAL DISTANCING

Farida Agustina Damayanti(1),


(1) Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi mendapatkan informasi mengenai dampak pembelajaran secara  online  di  rumah  akibat  dari  adanya sosial distancing karena  pandemik  COVID-19. Penelitian  menggunakan metode studi kasus eksplorasi dan pendekatan penelitiannya menggunakan metode  studi kasus kualitatif yang  digunakan  untuk mendapatkan  informasi  dampak yang dirasakan dan akibat  dari  pandemi COVID-19  terhadap kegiatan pembelajaran pada tingkat sekolah menengah atas (SMA). Dalam penelitian ini, responden sebanyak 27 siswa di berbagai SMA Surabaya dan sekitarnya. Untuk tujuan kerahasiaan, responden diberi inisial R1, R2, R3, R4, R5, dan R6. Hasil dari penelitian ini yaitu terdapat beberapa dampak dan kendala yang dialami para siswa saat melaksanakan pembelajaran online di rumah. Dampak yang ditimbulkan yaitu siswa kurang memahami materi yang diberikan karena guru tidak menjelaskan, kebanyakan hanya mengirimkan materi berupa powerpoint. Sedangkan kendalanya yaitu sinyal koneksi internet yang lemah, sehingga mengganggu keberlangsungan kegiatan pembelajaran secara online di rumah.

Keywords

Pembelajaran Online di Rumah;Pandemik COVID-19;Social Distancing.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License