PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS 5E LEARNING CYCLE PADA POKOK BAHASAN ENERGI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Nancy Adriana Lalawi(1), Soeparman Kardi(2), Tjipto Prastowo(3),


(1) Pascasarjana UNESA
(2) 
(3) 

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran yang valid, praktis dan efektif sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa di sekolah menengah pertama. Pembelajaran ini dilakukan dengan cara menerapkan perangkat pembelajaran berbasis 5E Learning Cycle yang meliputi Engagement, Exploration, Explanation, Elaboration, dan Evaluation. Penelitian ini menggunakan desain pengembangan dengan model pengembangan Dick and Carey dan desain uji menggunakan desain one group pretest posttest pada 33 siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tomohon. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif-kualitatif. Hasil penelitian menunjukan; 1) Perangkat pembelajaran yang dikembangkan dinyatakan valid; 2) Kepraktisan perangkat pembelajaran ditinjau dari: (a) Keterlaksanaan pembelajaran terlaksana 91,97% dengan sangat baik, (b) 100% siswa aktif mengikuti proses pembelajaran,  (c) 98,24% respon siswa menunjukan sangat positif terhadap perangkat dan pelaksanaan pembelajaran; dan 3) Keefektivan perangkat pembelajaran ditinjau dari peningkatan hasil belajar terlihat dari uji pretest dan posttest sangat meningkat dengan nilai N-Gain sebesar 0,97 berkategori tinggi. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran berbasis 5E Learning Cycle yang telah dikembangkan valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMP pada pokok bahasan energi.

Keywords

perangkat pembelajaran; 5E Learning Cycle; hasil belajar

Full Text:

PDF

References

Arends, R.I. 2008. Learning to Teach Edisi ke Tujuh. Alih bahasa oleh Helly Prajitno S. dan Sri MS. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ates, S. 2005. “The effectiviness of the learning cycle method of teaching DC circuits to prospective female and male science teacher”. Research in Science and Technological Education 23(2): 213-227

Balci, S., Cakiroglu, J., & Tekkaya, C. 2006. “Engagement exploration, explanation, extension, and, evaluation (5E) learning cycle and conceptual change text as learning tools”. Biochemistry and Molecular Biology Education, 34 (3), 199-203.

Bybee, R.W., Taylor, J.A., Gardner, A., Van Scotter, P., Powel, J.C., Westbrook, A., and Landes, N. 2006. The BSCS 5E Instructional Model: Origins and Effectiveness. Colorado Spring: Office of Science Education National Institute of Health.

Case, R. 1984. The Process of stage transition: A neo-Piagetian view. In R. J Stenberg (ed.), Mechanism of Cognitive Development. New York: Freeman.

Case, R. 1993. “Theories of learning and theories of development”. Educational Psychologist. 28(3), 219-233.

Campbell, N. A. And Reece, J. B. 2008. Biologi. Jilid III. Edisi kedelapan. Alih bahasa oleh Wulandari. D. T. Jakarta: Erlangga.

Dick, W., Carey, L., dan Carey, J.O. 1937. The systematic Design of Instruction 5th Edition. Copyright (c) 2001 by Addison-Wesley Educational Publisher Inc.

Dick, W., Carey, L., Carey, J. O. 2009. The Systematic Design of Instruction Seventh Edition. USA: Pearson Education, Inc.

Ergin, I. 2012. “Constructivist Approach Based 5E Model and Usability Instructional Physics”. Latin-American Journal of Physics Education, 6(1): 14 -20.

Fleischman, H.L., Hopstock, P.J., Pelczar, M.P and Shelley, B.E. 2010. Highlight From PISA 2009: Performance of U.S. 15-Years-Old Students in Reading, Mathematics, and Science Literacy in an International Context. NSES: U.S. Department of Education.

Groundlound, N. E. 1993. How to Make Achievement Tests and Assements (5th ed). Boston: Allyn and Bacon.

Hake. 1999. Analyzing change/gain scores. (Online). Tersedia http://www. physicsindiana.edu/sdi/Analyzing-Change-Gain. pdf.

Hudha, A.M., Husamah, & Hadi, S. 2011. “Pendampingan Pengembangan Perangkat Pembelajaran Laboratorium untuk Menunjang Pelaksanaan KTSP Bagi Guru IPA Biologi SMP Muhammadiyah 1 Malang”. Jurnal Dedikasi, 8:43-51.

Kemdikbud. 2013. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 54 Tahun 2013 tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kemdikbud.

Kemendikbud. 2014. Permendikbud Nomor 104 Tentang Penilaian Hasil Belajar Oleh Pendidik Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Jakarta: Kemendikbud.

Liu, T. –C., Peng, H., Wu, .-H., & Lin, M. –S. 2009. “The Effects of Mobile Natural-science Learning Based on the 5E Learning Cycle: A Case Study”. Educational Technology and society, 12 (4): 344-358.

Lusia, M dan Arief, A. 2013. Pengembangan Modul Fisika Berorientasi Learning Cycle 5E pada Materi Gerak Kelas VII SMP. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika 2(3): 147-151.

Martin, M.O. et al. 2012. TIMSS 2011 International Resullt Science. USA: TIMSS & PIRLS International Study Center, Lynch School of Education, Boston College.

Qarareh, A.O. 2012. “The Effect of Using the Learning Cycle Method in Teaching Science on the Educational Achievement of the Sixth Graders”. International journal of Educational Science, 4(2):. 123-132.

Risdiana, H., Suyatno, Sri, P. 2014. Implementasi Model 5e Learning Cycle untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMA. Jurnal Penelitian Pendidikan Sains, 2(3): 174-183.

Saidah, 2013. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Learning Cycle 5E Berbasis Kit Sederhana dan PhET Untuk Mereduksi Miskonsepsi Listrik Arus Searah. Tesis. Surabaya: UNESA (Tidak diterbitkan).

Sayuti, I., Rosmaini, S., Andayani. 2012. “Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 5 Pekanbaru”. Jurnal Pendidikan Unri, 3(1): 1-11.

Slavin, R.E. 2009. Educational Psychology: Theory and Practice, 9th ed. New Jersey: Pearson Education, Inc.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Susantini, R., Widha, S., Haryono. 2012. “Pembelajaran Kimia Menggunakan Siklus Belajar 5E dan Inkuiri Bebas Dimodifikasi Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Analisis dan Kreativitas Siswa”. Jurnal Inkuiri, 1 (1): 60-68.

Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Utari, S. et al. 2013. “Application of Learning Cycle 5E Model Aided Cmaptools-Based Media Prototype to Improve Student Cognitive Learning Outcomes”. Applied Physics Research, 5(4): 69-76.

Yalcin, F.A., Bayrakceke, S. 2010. “The Effect of 5E Learning Model on Pre Service Science Teachers Achievement of Acids-Bases Subject”. International Online Journal of Educational Sciences, 2(4): 508-531.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License