PENERAPAN ALAT PERAGA SISTEM PENGISIAN KONVENSIONAL BERBASIS LED UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI

Alwi Wahyudin(1), . Hadromi(2),


(1) Pendidikan Teknik Mesin
(2) Pendidikan Teknik Otomotif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan Alat peraga sistem pengisian konvensional berbasis LED dibandingkan dengan Alat peraga sistem pengisian yang sudah ada (sederhana) pada kompetensi memahami sistem pengisian. Jenis penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain jenis Control Group Pre-test-post-test Design. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh bahwa rata – rata hasil belajar siswa kompetensi memahami sistem pengisian pada kelompok eksperimen yang semula 66,69 menjadi 84,47, sedangkan pada kelompok kontrol yang semula memiliki rata–rata sebesar 66,29 menjadi 73,71. Hasil penghitungan analisis data peningkatan hasil belajar siswa pada kelompok ekperimen lebih baik dibandingkan dengan kelompok kontrol. Peningkatan pada kelompok Eksperimen yaitu sebesar 0,653 dengan kriteria sedang sedangkan peningkatan pada kelompok Kontrol sebesar 0,220 dengan kriteria rendah

Keywords

Alat Peraga, Sistem Pengisian, LED, Hasil Belajar.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.