PEMBELAJARAN DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENGGAMBAR SEGI BANYAK

Fattah Maulana(1), Muhammad Khumaedi(2),


(1) Prodi Pendidikan Teknik Mesin
(2) Prodi Pendidikan Teknik Mesin

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji peningkatan hasil belajar menggambar segi banyak pada siswa setelah mengikuti pembelajaran menggunakan metode ceramah yang dilengkapi media Audio Visual dibandingkan dengan pembelajaran pembelajaran ceramah yang dipakai selama ini. Penelitian ini menggunakan metode true eksperimental design dengan menggunakan rancangan pretest-posttest control group yang terdiri dari kelompok Experimen berjumlah 35 siswa dan kelompok Kontrol berjumlah 35 siswa.  Penentuan sampel menggunakan Probabilistik Random sampling dengan cara diundi dan analisis yang digunakan adalah uji t independent. Pada hasil posttest didapat nilai t = 7,892 > t tabel = 1,671 sehingga dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan hasil belajar antara kelas experimen dan kelas kontrol, dimana siswa yang menggunakan media audio visual mengalami peningkatan hasil belajar 44,7%, sedangkan siswa yang menggunakan metode pembelajaran ceramah hanya mengalami peningkatan hasil belajar sebesar 29,9%, hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dalam menggambar segi banyak pada kelas eksperimen yang diajar dengan pembelajaran metode audio visual lebih tinggi daripada siswa kelas kontrol.

Keywords

pembelajaran, media audio visual, hasil belajar, segi banyak

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.