PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOMPETENSI MENGGAMBAR PROYEKSI AMERIKA

Dea Pithaloka Rosalin(1), Muhammad Khumaedi(2),


(1) Prodi Pendidikan Teknik Mesin
(2) Prodi Pendidikan Teknik Mesin

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan lembar kegiatan siswa gambar proyeksi Amerika, mengetahui kepraktisan dan peningkatan hasil belajar. Model penelitian adalah Research and Development/R&D. Penelitian ini menggunakan desain uji true eksperimental jenis pretest-posttest two group control design. Sampel penelitian adalah siswa kelas X TKRO 1 untuk kelas control dan X TKRO 4 untuk kelas eksperimen dengan jumlah masing-masing 33 siswa. Hasil uji coba ahli media memperoleh presentase kelayakan sebesar 85,3% sedangkan ahli materi sebesar 87%, keduanya memperoleh kriteria sangat layak. Peningkatan rata-rata pretest dan posttest sebesar 65,21 untuk kelas control dan 78,82 untuk kelas eksperimen. Hasil analisis uji-t diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,235 untuk pretest yang berarti tidak terdapat perbedaan, sedangkan hasil analisis uji-t untuk posttest diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 yang berarti terdapat perbedaan hasil belajar antara yang menggunakan lembar kegiatan siswa dengan pembelajaran biasa. Hasil perhitungan uji kepraktisan memperoleh rata-rata hasil uji sebesar 4,12 maka lembar kegiatan siswa dikategorikan sangat praktis digunakan.

Keywords

lembar kerja siswa, proyeksi Amerika, R&D

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.