PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF SISTEM EPS (ELECTRIC POWER STEERING) BERBASIS APLIKASI ANDROID UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR
(1) Prodi Pendidikan Teknik Otomotif
(2) Prodi Pendidikan Teknik Otomotif
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya perbedaan dan tingkat perkembangan hasil belajar sebelum dan sesudah penggunaan media pembelajaran. Menggunakan metode penelitian pengembangan model ADDIE. Desain uji coba produk One-Group Pretest-Posttest Design. Subjek uji coba berjumlah 20 mahasiswa yang mengambil mata kuliah Chassis dan pemindah daya. Alat pengumpul data berupa instrumen tes. Media pembelajaran layak berdasarkan rational adjustment dari dua orang tenaga ahli yang berkompeten dibidang media dan materi. Hasil uji coba terbukti terdapat perbedaan dan efektif meningkatkan hasil belajar mahasiswa dengan nilai pretest sebesar 55,50 dan posttest 81,67. Dari selisih pretest-posttest diketahui kenaikan nilai sebesar 68,58. Berdasarkan uji T berpasangan yang telah dilakukan dengan hasil thitung = 11,58 dan ttabel = 2,09 (thitung > ttabel) pada ∠= 5% (thitung > ttabel), sehingga didapatkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak yaitu terdapat perbdaan antara pretest dan posttest. Uji gain yang telah dilakukan dengan rata rata 0,60 yang termasuk kategori peningkatan sedang. Â
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.