PENINGKATAN KUALITAS PROSES DAN PRESTASI BELAJAR SISWA SMK TEKNIK OTOMOTIF DENGAN HYBRID LEARNING DI MASA PANDEMI COVID-19

Susi Tri Umaroh(1), Supari Muslim(2), Theodorus Wiyanto(3), Soeryanto Soeryanto(4), Warju Warju(5),


(1) Universitas Negeri Surabaya
(2) Universitas Negeri Surabaya
(3) Universitas Negeri Surabaya
(4) Universitas Negeri Surabaya
(5) Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Pandemi Covid-19 yang terjadi menimbulkan berbagai dampak disemua sektor, salah satunya pada sektor pendidikan. Pembelajaran yang semula tatap muka harus berganti dengan pembelajaran jarak jauh untuk mengurangi penyebaran virus. SMK merupakan sekolah yang lulusannya diharapkan mampu memiliki kompetensi untuk siap kerja. Untuk mengatasi hal itu dibutuhkan kombinasi pembelajaran dengan hybrid learning (online dan tatap muka). Tujuan dari artikel ini yaitu mengkaji penerapan hybrid learning SMK Teknik Otomotif pada massa pandemi. Metode yang digunakan dari artikel ini adalah literature review. Pembelajaran hybrid learning di masa pandemi covid-19 dirasa efektif untuk meningkatkan kualitas proses dan prestasi belajar siswa SMK Teknik Otomotif

Kata kunci: hybrid learning, kualitas proses, prestasi belajar.

The Covid-19 pandemic that occurred had various impacts in all sectors, one of which was in the education sector. Learning that was originally face-to-face should be replaced with distance learning to reduce the spread of the virus. SMK is a school whose graduates are expected to be able to have the competence to be ready for work. To overcome this, a combination of learning with hybrid learning (online and face-to-face) is needed. The purpose of this article is to examine the application of hybrid learning in Automotive Engineering Vocational Schools in pandemic masses. The method of this article is a literature review. Hybrid learning during the Covid-19 pandemic was deemed effective in improving the quality of the process and learning achievement of Automotive Engineering Vocational School students.

Keywords: hybrid learning, quality of learning process, learning achievement.


Full Text:

PDF

References

Abdelrahman, N., & Irby, B. J. (2016). Hybrid Learning. International Journal of Information Communication Technologies and Human Development, 8(1), 1–25. https://doi.org/10.4018/ijicthd.2016010101

Abdullah, S. D. A. (2018) „PERAN HANAN ATTAKI DALAM MEMBANGUN PERSEPSI GENERASI MILENIAL TENTANG TUHAN (ANALISIS ISI ATAS VIDEO “KANGEN†DI YOUTUBE)‟, Raushan Fikr, 7(1), pp. 65–74.

Adisasongko, N. (2020). Pemanfaatan Media Video Tutorial Sebagai Alternatif Pembelajaran di Masa Pandemi pada Peserta Didik Kompetensi Keahlian TKRO SMK. 2019, 910–914.

Apriansyah, M. R., & , Kusno Adi Sambowo, A. M. (2020). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO BERBASIS ANIMASI MATA KULIAH ILMU BAHAN BANGUNAN DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil (Jpensil), 9(1), 8–18.

Arifa, F. N. (2020). TANTANGAN PELAKSANAAN KEBIJAKAN BELAJAR DARI RUMAH DALAM MASA DARURAT COVID-19. XII(No.7/I/Puslit/April/2020), 13–18.

Barlian, I. kudsi; D. P. M. S. I. U. (2021). Inovasi Pembelajaran dengan Model Blended Learning di Masa Pandemi covid 19. Jurnal Inovasi Pendidikan Kejuruan, 1(1), 31–48.

Burke, S. C., Ph, D., Snyder, S. L., & Ph, D. (2008). YouTube : An Innovative Learning Resource for College Health Education Courses An Overview of YouTube Using YouTube in Higher Education. International Electronic Journal of Health Education, 11, 39–46.

Dwijonagoro, S., & Suparno, S. (2019). Pranatacara learning: Modeling, mind mapping, e-learning, or hybrid learning? Cakrawala Pendidikan, 38(1), 156–173. https://doi.org/10.21831/cp.v38i1.23034

Faiqah, F., Nadjib, M. and Amir, A. S. (2016) „Youtube Sebagai Sarana Komunikasi bagi Komunitas Makassar vidgram‟, Jurnal Komunikasi KAREBA, 5(2), pp. 259–272. doi: 10.1080/14639947.2015.1006801.

Faizah, U., Fakhrudin, M., & Purworejo, U. M. (n.d.). IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN YOUTUBE RETORIKA. 311–317.

Hamalik, Oemar. 2013. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Hartono, S., Kosala, R., Supangkat, S. H., & Ranti, B. (2018). Smart Hybrid Learning Framework Based on Three-Layer Architecture to Bolster Up Education 4.0. Proceeding - 2018 International Conference on ICT for Smart Society: Innovation Toward Smart Society and Society 5.0, ICISS 2018, 2017, 1–5. https://doi.org/10.1109/ICTSS.2018.8550028

Haryati, T., & Rochman, N. (2012). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Praktik Belajar Kewarganegaraan (Project Citizen). Jurnal Ilmiah Civis, 2(2), 1–11. http://journal.upgris.ac.id/index.php/civis/article/viewFile/459/413

Hendrayati, H., & Pamungkas, B. (2003). IMPLEMENTASI MODEL HYBRID LEARNING PADA PROSES PEMBELAJARAN MATA KULIAH STATISTIKA II DI PRODI MANAJEMEN FPEB UPI Heny Hendrayati & Budhi Pamungkas.

Herliandry, L. D., & Suban, M. E. (2020). Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65–70.

Hidayat, M. Y., & Andira, A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Hybrid Learning Berbantuan Media Schoology Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI MIA MAN Pangkep. Jurnal Pendidikan Fisika, 7(2).

Hong, J., Chen, M., & Ye, J. (2020). Acceptance of YouTube Applied to Dance Learning. 10(1). https://doi.org/10.18178/ijiet.2020.10.1.1331

Irawan, E., Ahmadi, Prianggono, A., Saputro, A., & Rachmandhani, M. (2020). YouTube Channel Development on Education: Virtual Learning Solutions during the Covid-19 Pandemic. International Journal of Advanced Science and Technology.

Iwantara, I. W., Sadia, I. W., & Suma, I. K. (2014). Pengaruh Penggunaan Media Video Youtube Dalam Pemahaman Konsep Siswa. E-JOURNAL PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.

Kusdiyanti, H., Zanky, M. N., & Wati, A. P. (2020). Blended Learning for Augmented Reality to Increase Student Competitiveness the Filling Subject Toward Making Indonesia 4 . 0. 2020, 88–100. https://doi.org/10.18502/kss.v4i7.6845

Luhsasi, D. iga, & Sadjiarto, A. (2020). YOUTUBE: TROBOSAN MEDIA PEMBELAJARAN EKONOMI BAGI MAHASISWA. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 5(2), 219–229.

Mahendra, R. (2020). Youtube sebagai Media Pembelajaran. May, 6–9.

Muhammad Ilyas, & Putri, M. E. (2020). YouTube Channel: An Alternative Social Media to Enhance EFL Students’ Speaking Skill. Journal of English for Academic, 7(1), 77–87.

Noortsani, I. (2019). MENINGKATKAN KUALITAS PROSES PEMBELAJARAN MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN. 1(1).

Ora, A., Sahatcija, R., & Ferhataj, A. (2018). Learning Styles and the Hybrid Learning: An Empirical Study about the Impact of Learning Styles on the Perception of the Hybrid Learning. Mediterranean Journal of Social Sciences, 9(1), 137–148. https://doi.org/10.2478/mjss-2018-0013

Pradhana, R., Estriyanto, Y., & Rohman, N. (2013). EFEKTIVITAS PENERAPAN BLENDED LEARNING (CLASSICAL LEARNING, E-LEARNING, DAN FIELD STUDY) PADA MATA KULIAH BODY OTOMOTIF DI PROGRAM STUDI PTM JPTK FKIP UNS SURAKARTA TAHUN AKADEMIK 2012/2013.

Sudarsono, B. (2020). Pengembangan media pembelajaran pengelasan model shielded metal arc welding ( SMAW ) bagi siswa SMK The development of shielded metal arc welding ( SMAW ) welding learning media for vocational high schools students. 8(2), 17–24.

Yunika, E., Iriani, T., & Saleh, R. (2020). PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO TUTORIAL BERBASIS ANIMASI MENGGUNAKAN 4D UNTUK MATA KULIAH PRAKTIK BATU BETON THE DEVELOPMENT OF ANIMATION BASED VIDEO TUTORIAL. SNITT-Politeknik Negeri Balikpapan, 299–306.

Zufar, Z., Thaariq, A., Media, S., Resource, L., Normal, N., Sosial, M., Belajar, S., & Normal, N. (2020). The Use of Social Media as Learning Resources to Support the New Normal Zahid Zufar At Thaariq, 1. 18(02), 80–93.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.