EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA PEMBELAJARAN PRAKTIK TEKNIK MESIN

yadi hikmah setiana(1), Inu Hardi Kusuma(2),


(1) Indonesian education university, Bandung
(2) Indonesian education university, Bandung

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pembelajaran jarak jauh dimasa pandemi yang
mengharuskan pembelajaran praktik dilakukan tanpa tatap muka. Metode yang digunakan dalam penelitian ini
adalah metode kualitatif yang sifatnya deskriptif dengan penyebaran kuisioner melalui memalui google form kepada
27 responden guru pemesinan yang ada di Jawa dan Sumatra. Hasil yang didapatkan diantaranya tingkat kefektifan
pelaksanaan pembelajaran jarak jauh khususnya pembelajaran produktif praktik belum efektif diangka 85%.
Tingkat partisipasi pesertadidik dalam pelaksanaan pembelajaran jarak jauh diangka 34%. Penggunaan metode
pembelajaran yang digunakan 71% menggunakan metode tugas resitasi. Penggunaan media pembelajaran melalui
media aplikasi zoom meet, whatsapp dan google classroom. Pendidik kebanyakan masih kesulitan dalam penguasaan
teknologi dan pemilihan media pembelajaran yang tepat sesuai dengan kondisi dan kebutuhan pesertadidik
khususnya pada pembelajaran yang mengharuskan pesertadidik untuk melaksanakan praktik lapangan, sehingga
ini menjadi tugas para pendidik untuk bisa meningkatkan tingkat efektivitas pembelajaran jarak jauh dengan
memilih metode dan media pembelajaran yang tepat.

Keywords

efektifitas, pembelajaran, praktikum

Full Text:

PDF

References

Arizona, K., Abidin, Z., & Rumansyah, R. (2020). Pembelajaran Online Berbasis Proyek Salah Satu Solusi KegiatanBelajar Mengajar Di Tengah Pandemi COVID-19. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(1), 64– 70.https://doi.org/10.29303/jipp.v5i1.11 1

Arsyad, A. (2011). Media pembelajaran.

Azzahra, N. F. (2020). Mengkaji Hambatan Pembelajaran Jarak Jauh di Indonesia di Masa Pandemi Covid-19." Center for Indonesian Policy

Studies, 2020, tersedia : doi:10.35497/309163

Baety, D. N., & Munandar, D. R. (2021). Analisis efektifitas pembelajaran daring dalam menghadapi wabah pandemi covid-19. EDUKATIF: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 880-989.

Hidayah, A. A. F., Al Adawiyah, R., & Mahanani, P. A. R. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. JURNAL SOSIAL: Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, 21(2), 53-56.

Ihwanah, A. (2016). Strategi The Power of Two dan Implikasinya Terhadap Efektivitas Pembelajaran Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Tarbiyatuna, 7(1), 103-118.

Kemdikbud, & Kemdikbud, pengelola web. (2020). Pedoman Penyelenggaraan Belajar dari Rumah. In Jakarta, 28 Mei 2020.

Kemdikbud, pengelola web. (2020). Kemendikbud Terbitkan Pedoman Penyelenggaraan Belajar dari Rumah. Jakarta, 28 Mei 2020.

Kemendikbud. (2020). Kemendikbud Rilis Hasil Survei Evaluasi Belajar dari Rumah. http://www.Kemendikbud.Go.Id.

Koroh, T. D., Liufeto, M. C., & Hendrik, Y. Y. C. (2020). Implementasi belajar dari rumah (bdr) bagi tenaga pendidik untuk meningkatkan profesionalitas mengajar di daerah terpencil. E-Prosiding Hapemas, 1(1).

Kurniasari, A., Fitroh S., Deni A., (2020). Analisis efektivitas pelaksanaan belajar dari rumah (BDR) selama pandemi covid-19, Jurnal Review Pendidikan Dasar: Vol 6, No 3, September 2020 Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian. Tersedia :http://journal.unesa.ac.id/index.php/PD e-ISSN: 2460-8475

Kusnayat, A., Sumarni, N., Mansyur, A. S., Zaqiah, Q. Y., & Bandung, U. T. (2020). Pengaruh Teknologi Pembelajaran Kuliah Online Di Era COVID-19 Dan Dampaknya Terhadap Mental Mahasiswa. EduTeach : Jurnal Edukasi Dan Teknologi Pembelajaran, 1(2), 153 –165.

Latif, A (2020). Peran literasi teknologi informasi dan komunikasi pada pembelajaran jarak jauh di masa pandemi covid-19. Jurnal Edukasi dan Teknologi Pembelajaran Volume 1, No. 2 Edisi Juni 2020 Tersedia

:https://ejurnal.umri.ac.id/index.php/edu teach/article/view/1956/1209

Nurtanto, M., & Ramdani, S. D. (2016). Menyiapkan Pendidikan Kejuruan Berbasis Kearifan Lokal yang Berdaya Saing. VOLT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 1(1), 59-66.

Semradova, I., & Hubackova, S. (2016). Teacher Responsibility in Distance Education. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 217, 544–550. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2016.02. 042

Suhaimi, N. F., Jalaludin, J., & Latif, M. T. (2020). Demystifying a possible relationship between COVID-19, air quality and meteorological factors: evidence from Kuala Lumpur, Malaysia. Aerosol and Air Quality Research, 20(7), 1520-1529.

Surachim, A. (2016). Efektivitas Pembelajaran: Pola Pendidikan Sistem Ganda.

Thorik, S. H. (2020). Efektivitas pembatasan sosial berskala besar di Indonesia dalam penanggulangan Pandemi Covid-19. ADALAH, 4(1). Tersedia : http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/adal ah/article/view/15506/7265

Utari, N., & Mukhaiyar, R. (2020). Konsep Penginjeksian Mata Kuliah Baru Pada Program Studi Pendidikan Teknik Elektro. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional dan Teknologi, 20(1), 93-102.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.