PENGARUH PENGGUNAAN MODUL CVT (CONTINUOUSLY VARIABLE TRANSMISSION) MOBIL DAN PENGAJARANNYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOMPETENSI DASAR TRANSMISI

Akhmad Fariz Fatkhurrokhman(1), Suwahyo Suwahyo(2), Angga Septiyanto(3),


(1) Universitas Negeri Semarang
(2) Universitas Negeri Semarang
(3) Universitas Negeri Semarang

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan modul transmisi otomatis CVT mobil dan mengetahui kelayakannya, Meningkatan hasil belajar, dan tanggapan mahasiswa terhadap penggunaan modul transmisi otomatis CVT mobil. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang dilakukan dengan cara memberikan perlakuan secara langsung pada subjek. Hasil uji coba ahli media memperoleh persentase kelayakan sebesar 85% sedangkan ahli materi sebesar 77,5%, keduanya memperoleh kriteria sangat layak. Peningkatan nilai rata-rata pretest dan posttest sebesar 18,07% untuk kelompok kontrol dan 30,44% untuk kelompok eksperimen. Hasil analisis uji-t diperoleh thitung sebesar -0,02 untuk pretest yang berarti tidak terdapat perbedaan, sedangkan hasil t-hitung untuk posttest sebesar 7,01 yang berarti terdapat perbedaan. Hasil perhitungan uji n-gain memperoleh rata-rata n-gain sebesar 0,241 untuk kelas kontrol mengalami peningkatan dalam kategori “rendah” dan 0,588 untuk kelas eksperimen mengalami peningkatan dalam kategori “sedang”. Analisis tanggapan mahasiswa memperoleh persentase sebesar 72,5% dan mendapat kriteria baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan adanya peningkatan yang signifikan pada kelas eksperimen yang memakai modul transmisi otomatis. Saran dari penelitian adalah Modul ini diharapkan dapat dikembangkan lagi menggunakan seiring perkembangan teknologi agar dapat memudahkan pemahaman pembaca.

Keywords

penggunaan modul, CVT, kompetensi dasar transmisi

Full Text:

PDF

References

Anggraini, F. dan Sukardi. 2016. Pengembangan Modul Pembelajaran Kewirausahaan Model Student Company Di SMK Negeri 1 Godean. Jurnal Pendidikan Vokasi. Vol. 6. No 1. Hal. 24-30.

Ardi, W M dan Suharmanto A (2013). Penggunaan Modul Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kompetensi Pengetahuan Me-melihara/Servis System Rem dan Komponen-Komponennya. Jurnal pendidikan teknik me-sin. Vol .13, No.1.

Budi, N. P. S. dan Wahyudi. 2014. Pembuatan Modul Recleaning Injector Berbasis Buku Digital Pa-da Kompetensi Servis/Pemeliharaan System Bahan Bakar Bensin. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin. Vol. 14. No 1. Hal. 50-53.

Budiono, E. dan Susanto, H. 2006. Penyusunan Dan Penggunaan Modul Pembelajaran Berdasar Ku-rikulum Berbasis Kompetensi Sub Pokok Ba-hasan Analisa Kuantitatif Untuk Soal-Soal Dinamika Sederhana Pada Kelas X Semester I SMA. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia. Vol. 4. No. 2. Hal 1.

Fajri, S. N. dan Khumaedi, M. 2016. Penerapan Modul Pembelajaran Solidworks Untuk Meningkat-kan Kompetensi Membuat Model 3D. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin. Vol. 16. No 1. Hal. 43-47.

Lussy, N. 2013. CVT (Continuously Variable Trans-mission) - TECHNOLOGY. Tersedia: “http://www.honda mobil.com/2013/04/cvt-continuously variable-transmission.html”. [diakses 11 Maret 2017].

Prasetya, E. R. dan Sukardi. 2016. Pengembangan Modul Prakarya dan Kewirausahaan Materi Kerajinan Berbasis Proses Di SMK. Jurnal Pen-didikan Vokasi. Vol. 6. No 2. Hal. 154-161.

Purwanto, A. dan Suharmanto, A. 2015. Penggunaan Modul Sistem Pendingin Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kompetensi Memelihara Sistem Pendingin dan Komponen-Komponennya. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin. Vol. 15. No 2. Hal. 73-77.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.