PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK SISTEM REM HIDROLIK MOBIL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI TKR SMKN 2 KENDAL
(1) Universitas Negeri Semarang
(2) Universitas Negeri Semarang
(3) Universitas Negeri Semarang
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan modul elektronik sistem rem hidrolik mobil dan mengetahui kelayakannya, peningkatan hasil belajar, dan tanggapan peserta didik terhadap penggunaan modul elektronik sistem rem hidrolik mobil. Model penelitian adalah Reseach and Development/R&D. Hasil uji coba ahli media memperoleh persentasi kelayakan sebesar 88,94% sedangkan ahli materi sebesar 80,00%, keduanya memperoleh kriteria sangat baik. Peningkatan nilai rata-rata pretest dan posttest sebesar 16,52% untuk kelompok kontrol dan 33,11% untuk kelompok eksperimen. Hasil analisis uji-t diperoleh thitung sebesar -1,64 untuk pretest yang berarti tidak terdapat perbedaan, sedangkan hasil thitung untuk posttest sebesar 9,66% yang berarti terdapat perbedaan. Hasil perhitungan uji n-gain memperoleh rata-rata gain sebesar 0,313 untuk kelas kontrol dan 0,591 untuk kelas eksperimen, keduanya memperoleh kriteria peningkatan sedang. Analisis tanggapan peserta didik memperoleh persentase sebesar 76,28% dan mendapat kriteria sangat baik.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abidin, Z. & Arthana, I.K.P. 2014. Pengembangan Me-dia Modul Elektronik Materi Layout Dengan Menggunakan Program Adobe Indesign Di Su-rat Kabar Harian Surabaya Pagi. Jurnal Maha-siswa Teknologi Pendidikan UNESA Vol. 2, No. 3, Hal. 1. Tersedia di http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/article/13475/ 12/article. pdf [diakses 15/01/18].
Afiyanti, D. 2016. Pengembangan Media Modul El-ektronik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Sejarah Materi Pergerakan Na-sional Pada Siswa Kelas XI Efektif 1 Sma Antartika Sidoarjo. Jurnal Universitas Negeri Surabaya. Vol 10. No 2. Hal 1.
Prasetiyowati, Y. 2015. Pengembangan Modul El-ektronik Pada Mata Pelajaran Animasi 3 Di-mensi Materi Pokok Pemodelan Objek 3D Ke-las XI Multimedia untuk Meningkatkan Hasil Belajar di SMK Negeri Magetan. Jurnal Maha-siswa Teknologi Pendidikan UNESA Vol. 1 No. 2. Tersedia di http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/article/16880/12/article.pdf [diakses 25/02/17].
Purwanto, dkk. 2007. Pengembangan Modul. Jakarta: Departemen Pendidikan nasional.
Ristanto, R.D. 2012. Pengembangan Modul El-ektronik Adobe Photoshop untuk Kelas X SMK. Jurnal Universitas Negeri Yogyakarta. Tersedia di http://eprints.uny.ac.id/34003/1/Riska%20Dami%20Ristanto%20095202 44049.pdf [di-akses 19/03/17].
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pen-dekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.