PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEACHING FACTORY UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI KEAHLIAN BODY REPAIR DAN KAROSERI PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN

Ripah Mulat Sari(1), Burhan Rubai Wijaya(2), Hadromi Hadromi(3),


(1) Universitas Negeri Semarang
(2) Universitas Negeri Semarang
(3) Universitas Negeri Semarang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan dan peningkatan kompetensi keahlian peserta didik sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran teaching factory di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). SMK memiliki tujuan untuk mencetak tenaga kerja yang memiliki kompetensi tinggi dengan menerapkan program link and match dalam pembelajarannya. Model pembelajaran link and match yang diterapkan salah satunya adalah Teaching Factory pada body repair dan karoseri. Model pembelajaran teaching factory merupakan model pembelajaran yang memadukan pembelajaran kurikulum berbasis industri. Berdasarkan analisis data terdapat perbedaan yang signifikan antara pretest dan posttest dengan hasil uji t sebesar 32.3140. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran teaching factory dapat meningkatkan keterampilan siswa dengan hasil uji N-gain sebesar 0.35 yang termasuk dalam kategori peningkatan sedang.

Keywords

teaching factory, kompetensi keahlian, body repair, karoseri

Full Text:

PDF

References

Badan Pusat Statistik. 2016. Pengangguran Terbuka Menurut Pendidikan Tertinggi yang Dita-matkan 1986 – 2015. Jakarta: Badan Pusat Statistik diakses pada 24 Juni 2016.

Setiawan, Y. 2013. Visi Misi dan Tujuan. Dikutip dari laman https://psmk.kemendikbud.go.id>konten. Di-akses pada 2 Desember 2016 pukul 13.00.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian dan Pengem-bangan (Research and Development) Cetakan ke-1. Bandung: Alfabeta.

Sumanto. 2014. Teori dan Aplikasi Metode Penelitian. Yogyakarta: Center of Academic Publishing Service.

Wijaya, M.B.R. et al. 2014. Management Model De-velopment of Teaching Factory “Procom Cakep” In the Field of Engineering Technology. The Journal of Educational Development 2 (1) (2014). Semarang: Universitas Negeri Se-marang.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.