ANALISIS KUAT SUARA PADA KNALPOT TIPE FREE FLOW DAN CONICAL SILENCER DENGAN SOFTWARE COMSOL MULTIPHISIC 5.6

Ahmad Roziqin(1), Akhmad Nasirudin(2), Kriswanto Kriswanto(3), Irfan Khoirurroziqin(4), Andri Setiawan(5), Arimaz Hangga(6), Bayu Wiratama(7),


(1) Universitas Negeri Semarang
(2) Universitas Negeri Semarang
(3) Universitas Negeri Semarang
(4) Universitas Negeri Semarang
(5) Universitas Negeri Semarang
(6) Universitas Negeri Semarang
(7) Universitas Negeri Semarang

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hasil dua tipe knalpot Free flow dan Conical silencer dengan menggunakan aplikasi Comsol Multiphisic 5.6 untuk menganalisis peredaman suara pada silencer dengan memodifikasi komponen dalam silencer supaya tidak menghalangi gas buang keluar tanpa mengubah setingan mesin untuk mendapatkan performa. Penelitian ini menguji kuat suara knalpot Free flow dan Conical silencer untuk menghasilkan tingkat kebisingan yang untuk menghasilkan knalpot dengan perfoma yang maksimal namun dengan tingkat kebisingan dibawah standar kebisingan yang berlaku. Sesuai aturan besaran knalpot racing telah diatur dalam peraturan menteri Negara Lingkungan Hidup Nomor 7 Tahun 2009. Dalam aturan tersebut dijelaskan bahwa tingkat kebisingan motor untuk kapasitas 80 cc hingga 175 cc maksimal 83 decibel (dB) dan diatas 175 cc maksimal 80 cc hingga 175 cc maksimal 83 decibe (dB).

Keywords

Comsol Multiphisic 5.6, Free flow, Conical silencer, decibe

Full Text:

PDF

References

Akhya, R., H. Bugis, dan Basor. 2016. Analisis Penggunaan Knalpot Model Free flowDan Busi Racing Terhadap Torsi, Daya Dan Tingkat Kebisingan Sepeda Motor 4 Langkah. NOZEL 1(2): 1–14.

Hasibuan, R., dan E. Batubara. 2016. Simulasi Peredam Aktif Secara Komputasional Analisa Karakteristik Kebisingan Knalpot Sepeda Motor Sistem Kendali Kebisingan Aktif Metode Elemen Hingga. Prosiding Seminar Nasional ReTII. Sekolah Tinggi Teknologi Nasional Yogyakarta. Yogyakarta. 271–273.

Masa’id, A., Ubaidillah, B. W. Lenggana, D. R. Pratama, E. T. Maharani, dan F. R. Sinaga. 2021. Noise Quality and Muffler Design of A Formula SAE Racecar. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering. Orlando. 1–8.

Mohammad, M., A. M. M. Buang, A. A. Dahlan, M. H. Khairuddin, dan M.Said. 2017. Simulation of Automotive Exhaust Muffler for Tail Pipe Noise Reduction. Jurnal Teknologi 79(7-4):37–45.

Murali, R., A. B. Shahriman, Z. M. Razlan, W. K. W. Ahmad, A. I. Azizul, M. A.Rojan, M. I. N. Ma’arof, M. A. Radzuan, M. A. S. M. Hassan, dan Z. Ibrahim.2021. A Review on the Correlation between Exhaust Backpressure and the Performance of IC Engine. Journal of Physics: Conference Series 2051(1): 1–6.

Peraturan Menteri Negara Lingkungan Hidup Nomor 07 Tahun 2009. Ambang Batas Kebisingan Kendaraan Bermotor Tipe Baru. 6 April 2009. Dinas Lingkungan Hidup. Jakarta.

Puhan, P., D. K. Sahu dan D. Mishra. 2019. CFD Analysis of a Perforated Inner Pipe Exhaust Muffler for the Prediction of Transmission Loss and Backpressure Using Reverse Engineering. Proceedings of the 7th International and 45th National Conference on Fluid Mechanics and Fluid Power. IIT Bombay. Mumbai. 1–4.

Putra, W., H. Maksum dan D. Fernandez. 2015. Pengaruh Penggunaan Knalpot Standar Dan Racing Terhadap Tekanan Balik, Suhu Dan Bunyi Pada Sepeda Motor 4 Tak. Automotive Engineering Education Jurnals 4(2): 1–15.

Radityasani, M. F. 2020. Biker Skutik Knalpot Racing Dihukum, Ingat Aturan KebisinganSuara.https://otomotif.kompas.com/read/2021/02/03/070200915. 20 Mei 2021.

Sarwuna, S., W. Ruslan, dan I. Setiawan. 2017. Kajian Simulasi Pengaruh Tekanan Balik Gas Buang Terhadap Kinerja Mesin Sepeda Motor Empat Langkah 135cc. Teknobiz: Jurnal Ilmia Program Studi Magister Teknik Mesin 7(3)143–149.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.