MENINGKATKAN KOMPETENSI PEMAHAMAN DIFERENSIAL DENGAN PERAGA DIFERENSIAL LIGHT EMITING DIODE (LED)

Ryan Febrianto(1), Supraptono Supraptono(2),


(1) Jurusan teknik Mesin, Universitas Negeri Semarang
(2) Jurusan teknik Mesin, Universitas Negeri Semarang

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pembelajaran yang dilakukan dengan menggunakan   peraga   diferensial   LED   dapat meningkatkan   kompetensi   pemahaman   diferensial   dengan menggunakan analisis butir soal. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian Pre-test Post-test Control Group Design. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terjadi peningkatan nilai rata-rata hasil belajar pada kedua kelompok. Hasil belajar siswa pada kelompok kontrol semula 59,20 menjadi 80,27 dengan peningkatan sebesar 35,6%. Pada kelompok eksperimen dengan hasil awal 59,07 menjadi 88,53 dengan peningkatan  yang  sebesar  49,8%.  Ada  pengaruh  penggunaan  peraga  LED  (Light  Emiting  Diode)  diferensial terhadap nilai hasil belajar siswa dalam pelajaran chasis dan pemindahan. Nilai hasil belajar siswa yang diajar dengan  menggunakan peraga  LED  lebih  tinggi  daripada  nilai  hasil  belajar  siswa  yang  diajar  dengan  metode ceramah biasa.

Keywords

peraga diferensial, Light Emiting Diode (LED), nilai hasil belajar, kompetensi diferensial

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.