KEEFEKTIFAN PELAKSANAAN PENDIDIKAN DAN LATIHAN KEJURUAN PT KALIMAS AI YOGYAKARTA

Ahmad Roziqin(1), Herminarto Sofyan(2),


(1) Pendidikan Teknik Otomotif, Universitas Negeri Semarang
(2) Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) keefektifan pelaksanaan pendidikan dan latihan kejuruan

PT Kalimas AI Yogyakarta dengan menggunakan pendekatan evaluasi model four level Kirkpatrick pada level respon (reaction), hasil belajar (learning), perilaku kerja (behavior), dan (2) kelebihan dan kekurangan pelatihan. Jenis penelitian adalah penelitian evaluasi dengan menggunakan pendekatan model evaluasi Kirkpatrick pada tiga dari empat level evaluasi. Fokus evaluasi pada level respon (reaction), hasil belajar (learning) dan perilaku kerja (behav- ior). Responden dalam penelitian ini berjumlah 71 orang, yang terdiri dari 35 peserta PLK PT Kalimas AI, tiga in- struktur PLK, 13 supervisor industri dan 20 alumni PLK PT Kalimas AI yang bekerja di  Yogyakarta. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner dan lembar observasi yang sudah divalidasi oleh ahli dan melalui uji va- liditas instrumen. Hasil penelitian pelaksanaan pendidikan dan latihan kejuruan PT Kalimas AI menunjukkan (1) pada level respon peserta, pelatihan sangat efektif dengan kecenderungan sebesar 80%; (2)  pada level respon alumni, pelatihan sangat efektif dengan kecenderungan sebesar 55%; (3) pada level hasil belajar peserta, pelatihan efektif dengan tingkat kecenderungan sebesar 85,71% dan hasil komparasi menunjukkan tidak ada perbedaan hasil belajar secara signifikan antara kelompok peserta pelatihan berdasarkan latar belakang pendidikannya; (4) pada level perilaku kerja alumni, pelatihan efektif dengan tingkat kecenderungan sebesar 75%; dan (5) kelebihan PLK PT Kalimas AI terdapat pada materi dan metode pelatihan, keuletan, kedisiplinan dan kerjasama peserta, ketelitian, keuletan kerja serta kemampuan alumni dalam menganalisa pekerjaan. Selanjutnya kekurangan PLK PT Kalimas AI terdapat pada konsumsi, peraturan pelatihan, alat dan bahan praktek, manajemen waktu dan kedisiplinan alumni pelatihan.

Keywords

keefektifaan, pendidikan dan latihan kejuruan, respon, hasil belajar, perilaku kerja.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.