PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI DASAR MEMELIHARA SISTEM PENDINGIN

Aulia Nur Rakhman(1), Basyirun Basyirun(2),


(1) Prodi Pendidikan Teknik Mesin, Universitas Negeri Semarang
(2) Prodi Pendidikan Teknik Mesin, Universitas Negeri Semarang

Abstract

Penelitian  ini  bertujuan  mengetahui  bagaimana  hasil  belajar  siswa  sebelum  dan  sesudah  penerapan  model kooperatif tipe think pair share serta mengetahuipeningkatan hasil belajar sisswa dan seberapa besar peningkatan hasil belajar siswa setelah penerapan model kooperatif tipe Think Pair Share pada materi sistem pendingin.Populasi yang digunakan adalah seluruh peserta didik kelas XI program keahlian Teknik Mekanik Otomotif SMK Muham- madiyah 1 Muntilan , sedangkan yang dijadikan sebagai obyek penelitian adalah kelas XITMO 4 dan kelas XI TMO 5. Pengumpulan data menggunakan metode tes dan dokumentasi.Hasil analisis data menunjukkan bahwa ada pening- katan hasil belajar siswa tentang sistem pendingin sebelum menerapkan dan setelah menerapkan metode think pair share.Kelas eksperimen memiliki rata-rata pre test sebesar 31,33dan kelas kontrol 34,45. Dari data tersebut terlihat bahwa kemampuan awal dari masing-masing kelas terlihat sama. Hasil belajar siswa setelah pembelajaran dicari melalui posttest dan didapatkan rata-rata kelas eksperimen sebesar 79,27 dan kelas kontrol sebesar 65,58.Dengan kata lain model kooperatif tipe think pair share yang diterapkan pada kelas eksperimen memberikan pengaruh yang lebih baik terhadap hasil belajar peserta didik dibandingkan dengan penerapan metode ceramah yang diterapkan pada kelas kontrol

Keywords

think pair share, sistem pendingin

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.